5 Tips Bisnis Dekorasi Pernikahan dengan Keuntungan Maksimal

Pernikahan merupakan salah satu bidang yang banyak dijadikan tujuan berbisnis saat ini. Salah satunya adalah bisnis dekorasi pernikahan. Awalnya, hal-hal yang berkaitan dengan dekorasi pernikahan biasanya sudah dipegang oleh vendor pesta pernikahan atau Wedding organizer.

Namun, seiring berkembangnya zaman, pelaku bisnis dekorasi pernikahan ini semakin beragam. Pebisnis ini ada yang memang spesifik mengerjakan style dekor tertentu saja, Ada juga yang bisa mendekorasi sesuai pesanan (custom).

Berbicara mengenai prospek bisnis dekorasi pernikahan, tentunya sangat cerah. Pasalnya, tradisi pesta pernikahan selalu bernilai istimewa, terlebih bagi calon pengantinnya.

Pernikahan yang indah dengan dekorasi yang cantik, menjadi pernikahan impian yang diidam-idamkan sebagian besar orang saat ini. Hal tersebut tentunya menjadikan bisnis dekorasi pernikahan akan selalu dicari. Untuk itu, agar tetap bertahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan si pelaku bisnis dekorasi pernikahan.

Tips Bisnis Dekorasi Pernikahan

Bisnis Dekorasi Pernikahan

Bisnis dekorasi pernikahan juga harus memperhatikan beberapa hal penting (tips penting), agar bisnis bisa bertahan. Bagi Anda yang mungkin berminat untuk menjalankan bisnis dekorasi pernikahan, berikut ulasannya:

1. Update Style Dekorasi Terkini yang Unik

Dalam bisnis dekorasi, update untuk setiap dekorasi sangat penting. Anda bisa mendapatkan inspirasi gaya dekorasi baru dari internet, atau majalah-majalah pernikahan. Dengan style yang lebih update, pelanggan akan lebih tertarik dengan jasa dekorasi pernikahan Anda.

2. Tenaga Kerja yang Terampil dan Kreatif

Seorang pebisnis dekorasi pernikahan, harus bisa meningkatkan kreatifitas seni sebagai penata dekorasi. Selain itu, para karyawan Anda juga harus memberikan banyak alternative pilihan gaya dekorasi kepada klien nantinya. Kreativitas dalam hal ini bukan saja memahami banyak gaya dekorasi, tetapi juga memahami masalah bahan dekorasi dan teknik penempatannya.

3. Promosi dan Menjalin Kerjasama

Sama halnya seperti bisnis lain pada umumnya, bisnis dekorasi pernikahan juga wajib melakukan promosi agar mendapat banyak pelanggan. Karena bisnis ini bergerak di bidang jasa, maka Anda juga bisa bekerja sama dengan vendor dan bidang lain yang berkaitan dengan pernikahan. Anda bisa menjalin kerjasama dengan pihak salon, penyewaan alat-alat pesta, hingga catering pernikahan, agar jaringan bisnis Anda lebih luas.

4. Memiliki Ruangan Khusus untuk Inventori Properti

Dekorasi dalam bisnis dekorasi pernikahan, pastinya melibatkan banyak properti di dalamnya. Semakin berkembang gaya atau style dekorasi Anda, maka akan banyak properti yang harus disimpan dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus memiliki ruang penyimpanan khusus, dengan ukuran yang cukup besar serta aman dan terjaga kebersihannya. Usahakan agar barang-barang properti untuk dekorasi Anda tidak rusak saat disimpan.

5. Menentukan Harga Sesuai Target Pasar

Berbicara harga untuk sebuah dekorasi pernikahan, tentunya bukan merupakan nilai yang kecil. Maka dari itu, seorang yang menjalankan bisnis dekorasi pernikahan, harus bisa membuat harga yang sesuai dengan target marketnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan harga. Misalnya dengan Cost Oriented Pricing (penetapan harga berdasarkan pendekatan biaya), Demand Oriented Pricing (Berdasarkan pendekatan perminataan pasar) dan Competition Oriented Pricing (berdasarkan persaingan yang ada).

Agar Anda bisa menekan harga untuk bisnis dekorasi pernikahan Anda, maka sebisa mungkin harus mendapatkan pemasok properti dekorasi yang bahan bakunya murah namun tetap berkualitas. Beberapa bahan tersebut seperti, stereofoam, bunga segar, janur dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, sebagai pemilik bisnis dekorasi pernikahan, Anda hanya perlu me-manage keseluruhannya dengan baik. Dengan begitu, para calon klien akan tetap tertarik terhadap bisnis dekorasi pernikahan Anda, bahkan bukan tidak mungkin, mereka juga ikut merekomendasikannya.  

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *