Syarat dan Tata Cara Pengajuan Program Wirausaha Pemula KemenkopUKM

Di informasi sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan mengenai program Wirausaha Pemula yang digagas oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM. Dan program tersebut bertujuan salah satunya untuk membantu terciptanya lapangan kerja baru.

Program Wirausaha Pemula ini adalah program bantual modal yang ditujukan untuk para pelaku wirausaha UKM yang memang membutuhkan stimulan modal usaha. Akan tetapi tidak semua pelaku wirausaha bisa berkesempatan untuk mendapatkan program bantuan ini.

Baca juga : Kementerian Koperasi dan UKM Buka Program Wirausaha Pemula

Ada beberapa syarat yang perlu dipahami sebelum mengajukan program ini. Dan berikut ini beberapa persyaratannya.

Persyaratan Penerimaan Bantuan Wirausaha Pemula bagi Umum :

  • Sudah memiliki usaha paling tidak sudah berjalan selama 6 bulan dan paling lama 3 tahun. Selain itu usahanya juga memiliki potensi untuk dikembangkan.
  • Belum pernah mendapatkan bantuan pendanaan / modal sejenis dari Kementerian Koperasi dan UKM. Hal ini perlu dibuktikan melalui Surat Pernyataan Tertulis.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku dan surat keterangan domisili jika saat ini tinggal di alamat yang berbeda dengan KTP.
  • Harus memiliki dokumen legalitas usaha, seperti Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) atau Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU).
  • Harus memiliki NPWP yang masih aktif yang beratasnamakan calon penerima bantuan.
  • Usia paling maksimal 45 tahun
  • Pendidikan terakhir minimal SMP atau sederajat.
  • Memiliki sertifikat pembekalan kewirausahaan paling lama 2 tahun sebelum tahun anggaran berjalan yang dikeluarkan Deputi Bidang Pengembangan SDM
  • Memiliki proposal usaha atau rencana pengembangan usaha.
  • Memiliki rekening tabungan yang masih aktif
  • Calon penerima bantuan bukan yang berstatus sebagai PNS, anggota POLRI atau TNI.

Itu syarat-syarat yang perlu Anda pahami. Jika kiranya Anda tidak sesuai dengan syarat di atas, berarti Anda belum bisa mengajukan di program Wirausaha Pemula ini.

Tata Cara Pengajuan Bantuan Wirausaha Pemula

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan

    Pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan dalam proposal pengajuannya. Dokumen tersebut diantaranya : Surat Pernyataan Belum Pernah Menerima Bantuan, Fotocopy KTP, Fotocopy NPWP, Fotocopy IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) / SKU, Fotocopy Ijazah, Fotocopy Buku Rekening, Fotocopy Sertifikat Pembekalan Kewirausahaan, dan beberapa persyaratan pendukung lainnya.

  2. Kirim ke Dinas Terkait di Kabupaten/Kota Anda

    Jika persyaratan dan dokumen sudah lengkap, selanjutnya kirim ke Dinas terkait dalam hal ini Dinas Koperasi & UKM di wilayah Kabupaten/Kota tempat tinggal Anda.

    Sebaiknya Anda kirim langsung ke sana.

  3. Pihak Dinas akan Memverifikasi Dokumen dan Persyaratan

    Nantinya setelah proposal pengajuan Anda sudah diterima, maka pihak dinas terkait akan memeriksa dan memverifikasi dokumen serta kelengkapan berkas Anda.

    Apabila seluruh berkas dan persyaratan lengkap, maka pihak dinas tingkat Kabupaten/Kota akan mengirimnya ke tingkat Perangkat Daerah Provinsi/Daerah Istimewa. Namun jika dokumen masih ada yang kurang atau tidak valid, maka akan dikembalikan kepada Anda.

  4. Perangkat Daerah Provinsi/DI Memverifikasi Berkas

    Setelah proposal pengajuan diterima oleh pihak perangkat daerah provinsi/DI, maka mereka akan melakukan verifikasi kelengkapan berkas kembali. Dalam hal ini hanya melakukan cross check. Karena verifikasi penuh sudah dilakukan oleh perangkat daerah Kabupaten/Kota.

  5. Berkas dikirim ke Menteri Koperasi & UKM

    Selanjutnya berkas Anda akan dikirim ke Menteri Koperasi & UKM (cq. Deputi Bidang Pembiayaan) untuk kemudian diserahkan ke Tim Pelaksana.

    Dari Tim Pelaksana ini akan bekerja sama dengan Tim Penilaian & Seleksi (pihak independen) untuk menilai dan menimbangkan proposal pengajuan Anda.

  6. Penerbitan SK & Proses Pencairan

    Apabila lolos seleksi, maka kemudian akan dilakukan penerbitan SK dan proses pencairan bantuan modal usaha. Tetapi jika tidak lolos, maka berkas akan dikembalikan ke Perangkat Daerah Provinsi/DI.

Seperti itulah tata cara dan alur pengajuan bantuan modal usaha di Program Wirausaha Pemula dari Kementerian Koperasi dan UKM ini. Apabila ada yang kurang jelas, sebaiknya Anda langsung cari informasinya ke dinas terkait di tingkat Kabupaten/Kota sekalian meminta informasi syarat detailnya yang sesuai dengan kriteria usaha Anda masing-masing.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *