7 Perbedaan Usaha dengan Bisnis yang Wajib Diketahui

Perbedaan Usaha dengan Bisnis | Cukup sering kita mendengar istilah usaha dan bisnis yang dianggap sama, padahal memiliki beberapa perbedaan yang halus. Usaha dan bisnis sama-sama merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk meraih keuntungan. Usaha merupakan tindakan atau kegiatan itu sendiri yang terjadi dalam lingkup perekonomian. Sementara bisnis merupakan usaha untuk menjual barang atau jasa yang dilakukan baik secara perorangan atau kelompok.

Usaha dan bisnis rupanya menjadi satu kegiatan yang berkaitan. Seseorang yang menjalankan suatu usaha biasa disebut pengusaha. Pengusaha itu sendiri umumnya memiliki beberapa sector bisnis yang dijalankan. Dengan kata lain, bedanya usaha dan bisnis bisa terletak pada posisi orang yang menjalankan. Usaha merupakan kegiatan utama yang dapat melahirkan banyak bisnis baru. Semakin berkembangnya bisnis, maka usaha yang dilakukan akan semakin meningkat.

Bedanya Usaha dengan Bisnis

Perbedaan Usaha dengan Bisnis

Tidak ada perbedaan yang siginifikan diantara usaha dengan bisnis. Namun, bila dilihat dari pelaku kegiatannya, maka usaha dan bisnis bisa memiliki beberapa perbedaan. Pelaku suatu usaha disebut pengusaha, sementara pelaku bisnis disebut sebagai pebisnis. Berikut ini beberapa perbedaan diantara pengusaha dan pebisnis.

Segi Penampilan

Seseorang yang menjalankan usaha atau biasa disebut pengusaha, umumnya memiliki penampilan sederhana. Meskipun begitu, mereka selalu menjadi pribadi yang percaya diri dan bersemangat. Sementara seorang pebisnis umumnya memiliki penampilan yang lebih rapi, formal dan lebih sibuk dalam mengurus kegiatan operasional bisnisnya.

Suasana Kantor

Bedanya usaha dan bisnis, juga bisa dilihat dari kantor pemiliknya. Kantor seorang pengusaha umumnya memiliki bentuk yang tidak kaku dan desain yang kreatif. Sedangkan pebisnis, bukan berarti mereka tidak kreatif, hanya saja mereka akan memiliki suasana kantor yang lebih formal.

Tingkat Orisinalitas pada Ide

Setiap usaha tercetus karena adanya ide yang orisinil. Maksudnya, seorang pengusaha bahkan memerlukan proses yang cukup panjang untuk mendirikan suatu usaha. Sedangkan pada bisnis, seorang pebisnis tidak selalu pusing untuk memikirkan orisinalitas ide usaha, karena umumnya bisnis yang dijalankan memang sudah ada sebelumnya.

Tingkat Risiko

Dalam bisnis, resiko yang muncul jauh lebih terukur dan masih bisa dikelola dengan baik. Pebisnis akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meminimalisir kerugian besar yang bisa saja terjadi dalam  bisnisnya. Sementara resiko dalam usaha akan lebih besar. Maka dari itu, seorang pengusaha harus lebih berani dalam mengambil risiko, sekalipun harus merugi, seorang pengusaha harus mampu bangkit kembali.

Perilaku terhadap Karyawan

Bedanya usaha dengan bisnis juga dapat dilihat dari perilakunya terhadap karyawan. Seorang pengusaha umumnya tidak bersikap seperti pimpinan secara kaku kepada karyawanya. Pengusaha akan lebih dekat seperti layaknya teman, untuk mendengarkan apa karyawan inginkan. Sementara dalam bisnis, pebisnis umumnya merupakan seorang manajer dari bisnis itu sendiri, sehingga karyawan akan lebih kaku ketika bersikap terhadap manajernya.

Pandangan Tentang Konsumen

Seorang pebisnis akan selalu berfokus kepada memenangkan persaingan . Bisnis harus bisa tampil lebih unggul dibandingkan competitor. Sedangkan pada suatu usaha, pengusaha akan lebih berfokus kepada bagaimana mengalahkan competitor terberatnya, bukan pada semua competitor.

Cara Pandang Terhadap Keuangan

Keuangan tentunya berkaitan dengan keuntungan. Dalam bisnis, seorang pebisnis tentunya takut untuk merugi, sehingga mereka akan bergantung pada kondisi perekonomian yang bagus sebelum memulai bisnis itu sendiri. Sementara dalam usaha, seorang pengusaha akan berpikiran sebaliknya. Ia tidak takut merugi, bahkan bisa memulai usahanya dalam kondisi yang ala kadarnya sekalipun.

Baca juga : 5 Cara Membangun Brand Awareness yang Efektif untuk Bisnis

Seorang pebisnis akan terus menjadi seorang pebisnis, tetapi seorang pengusaha akan terus menjadi seorang pengusaha, pebisnis, bahkan manajer dalam waktu yang bersamaan. Dalam hal ini, bedanya usaha dan bisnis tentu bisa terlihat dari kegiatan yang dilakukan oleh pelaku usaha dan bisnis itu sendiri.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *