Perbedaan Revenue dan Income yang Sering Membingungkan

Perbedaan Revenue dan Income – Dalam dunia keuangan, terdapat beberapa istilah seperti revenue dan income yang seringkali disebutkan dalam percakapan sehari-hari. Kedua istilah tersebut mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang yang memahami dan mempelajari keuangan. Sebaliknya, bagi masyarakat awam atau para pemula dalam bisnis, istilah revenue dan income bisa jadi dianggap sama, padahal memiliki perbedaan dalam konsep pengertiannya.

Di dalam dunia bisnis dan keuangan, revenue dan income juga sering dianggap sama. Istilah Income mungkin lebih sering Anda dengar dan sebagian besar orang sudah mengetahui pengertiannya. Income sering diartikan sebagai pemasukan. Adapun istilah Revenue mungkin agak jarang terdengar dan memiliki pengertian yang tidak sama dengan income.

Perbedaan Revenue dan Income

Perbedaan Revenue dan Income

Jika memang istilah keuangan seperti revenue dan income ini berbeda pengertiannya, lalu apa perbedaannya? Dalam artikel ini kita akan membahas tentang kedua istilah dalam bisnis dan keuangan tersebut. Berikut ulasannya:

Revenue

Revenue umumnya selalu berkaitan dengan laporan laba usaha. Istilah ini merupakan jumlah total uang tunai yang dihasilkan melalui penjualan produk atau jasa, yang menjadi tindakan operasional perusahaan yang paling utama.

Revenue dalam laba usaha merupakan hasil dari perhitungan laba rugi usaha, setelah dikurangi oleh retur atau diskon. Revenue bisa dikatakan sebagai keuntungan bersih yang dihasilkan oleh para pebisnis di periode tertentu.

Misalnya saja, Anda memiliki sebuah usaha di bidang makanan, maka revenue dari bisnis Anda ini adalah total penjualan makanan selama periode tertentu. Jika memberikan diskon kepada pelanggan, maka revenue didapatkan setelah dipotong oleh diskon itu.

Perlu digaris bawahi, bahwa dalam setiap bisnis biasanya ada alternative pendapatan dari penjualan asset maupun investasi lainnya. Dana tersebut tidak termasuk revenue atau tidak bisa dihitung sebagai revenue karena bukan dari hasil operasional perusahaan.

Income

Perbedaan revenue dan income bisa kita lihat dari pengertian income itu sendiri. Income merupakan pendapatan atau keuntungan yang didapatkan oleh suatu perusahaan atau bisnis. Sementara itu, dilihat dari pengertian secara keuangannya, pendapatan lebih mengacu kepada laba bersih, bukan laba rugi seperti revenue.

Jika Anda sedang menjalankan bisnis dan Anda sudah memiliki income, maka yang disebut income tersebut adalah jumlah total uang tunai yang tersisa dari jumlah pendapatan asli setelah memperhitungkan seluruh biaya dan pendapatan tambahan yang ada.

Adapun biaya –biaya yang dimaksud di atas adalah beberapa biaya seperti biaya penyusutan, biaya pajak, biaya darurat, biaya pokok penjualan, gaji, bunga atas hutang, biaya sewa, biaya pemeliharaan dan lain sebagainya.

Adapun untuk pendapatan tambahan, biayanya ini berasal dari pendapatan bunga yang sudah diakumulasi atas investasi, atau dari penjualan asset yang tidak berwujud seperti obligasi dan peralatan. Contoh sederhananya, jika bisnis rumah makan Anda menghasilkan laba bersih per hari Rp. 2 juta, maka setelah 1 bulan, Anda memiliki Rp. 2 juta x 30 = Rp. 60 Juta dalam sebulan.

Setelah itu, bisnis Anda memiliki kewajiban juga untuk  membayar biaya sewa sebesar Rp. 5 juta per bulan, biaya bahan baku Rp. 10 juta per bulan, biaya karyawan 5 orang sebesar Rp. 2 juta per bulan. Maka jika ditotalkan menjadi Rp. 5 juta + Rp. 10 juta + 10 Juta = Rp. 25 juta.

Kemudian, kurangi dengan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan revenue, menjadi Rp. 60 Juta – Rp. 25 juta = Rp. 35 Juta.

Total angka Rp. 35 juta ini merupakan income dari bisnis rumah makan Anda. Total tersebut dapat ditambahkan dengan sumber pendapatan lain seperti investasi misalnya, untuk pemilik usaha.

Baca juga : 4 Pinjaman Modal Usaha Terbaik untuk Para Pemula

Setelah mengetahui perbedaan keduanya dari pengertiannya, maka mana yang harus kita investasikan, revenue atau income? Jika jawaban Anda income, maka Anda dapat mengembangkannya dengan investasi.

Dengan berinvestasi, maka secara otomatis Anda akan menghasilkan revenue baru. Bedanya revenue dan income ternyata hanya terdapat dalam pengertiaanya saja.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *