Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking | Saat Anda perlu melakukan transaksi keuangan seperti transfer dan tarik tunai, kini Anda tidak perlu pergi ke ATM lagi, sebab fitur Mobile Banking dan Internet Banking bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja, selama terkoneksi dengan internet.

Di saat-saat tertentu mungkin Anda sedang malas untuk pergi ke bank bersangkutan, dalam rangka mengecek transaksi keuangan. Fitur Mobile Banking dan Internet banking ini umumnya ditawarkan oleh hampir semua bank di Indonesia.

Mobile Banking dan Internet Banking memang memiliki perbedaan. Bedanya mobile banking dengan internet banking umumnya terletak pada bentuk aplikasinya itu sendiri.

Mobile banking bisa Anda akses pada smartphone Anda, setelah terlebih dulu Anda melakukan download Aplikasinya. Sedangkan internet banking, Anda bisa akses melalui website bank bersangkutan dengan transaksi yang lebih lengkap dibandingkan mobile banking.

Sebelum membahas perbedaanya, kedua fitur ini juga memiliki persamaan. Mobile Banking dan Internet banking sama-sama dapat dijalankan melalui smartphone serta mengandalkan koneksi internet yang cepat. Oleh karena itu, sebagian orang menganggap keduanya sama saja. Untuk mengetahui bedanya mobile banking dengan internet banking, berikut ulasannya:

Perbedaan-Internet-Banking

Mobile Banking

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa mobile banking rata-rata sudah disediakan oleh berbagai bank di Indonesia. Adapun penggunaanya, mobile banking membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang akan melakukan proses transaksi atau sekedar mengecek info rekening.

Untuk bisa mengakses mobile banking di smartphone Anda, Anda juga perlu melakukan registrasi m-banking terlebih dulu,dengan menggunakan nomor SIM –Card Anda yang masih aktif.

Bedanya Mobile Banking dengan Internet Banking lainnya adalah, Mobile Banking tidak neniliki token untuk transaksi. Anda bisa melakukan transaksi keuangan seperti transfer, cek saldo hingga cek mutasi rekening dengan mudah tanpa token, seperti hal nya pada Internet Banking.

Kepraktisan rupanya ditawarkan bagi pengguna Mobile Banking. Tampilanya yang seperti aplikasi –aplikasi pada umumnya, begitu mudah digunakan. Meskipun beberapa pihak Bank mengenakan biaya pulsa untuk transaksi, tetapi Mobile Banking dapat diakses dengan cepat, dibandingkan Anda harus pergi ke ATM.

Internet Banking

Bedanya Mobile Banking dan Internet banking yang paling mencolok adalah Internet Banking tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga sebelumnya. Internet banking dapat Anda akses melalui website. Anda juga dapat mengakses internet banking melalui Smartphone, Tablet, dan Laptop Anda yang terkoneksi dengan internet.

Di zaman canggih seperti sekarang ini, menggunakan internet banking harus cukup waspada. Pasalnya, banyak ditemukan kasus penipuan atau pembobolan uang oleh para Hacker yang tidak bertanggung jawab melalui Internet Banking melalui akun nasabah.

Anda harus cukup berhati-hati saat menggunakan wifi atau hotspot di area Anda saat mengakses Internet banking. Biasanya hacker bisa melancarkan aksinya lewat jaringan internet tersebut.

Selebihnya, ketika Anda bertransaksi melalui Internet Banking, keamanan transaksi keuangan Anda juga akan terjamin, sebab menggunakan token yang mengeluarkan kode otentikasi yang berbeda-beda dari setiap nasabah.

Ketika melakukan transaksi keuangan melalui internet banking, bedanya Mobile Banking dan Internet Banking adalah tidak akan dikenakan pulsa pada transaksinya. Berbeda dengan penggunaan Mobile Banking yang umumnya membebankan biaya pulsa setiap kali melakukan transaksi keuangan.

Baca juga : Apa itu Mesin EDC? Apa Fungsi & Manfaat Mesin EDC?

Dengan mengetahui perbedaan dari kedua fitur perbankan tersebut, mungkin Anda bisa menarik kesimpulan. Anda ingin menggunakan Mobile Banking atau Internet Banking, yang terpenting adalah selalu jaga data-data pribadi Anda dan jangan memberikanya secara sembarangan kepada orang lain.

Hal tersebut dapat membahayakan transaksi keuangan Anda. Bedanya Mobile Banking dan Internet Banking dapat memberikan informasi kepada Anda tentang cara bertransaksi keuangan online, tanpa harus pergi ke ATM. Selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *