Pengertian Marketplace dan Daftar Marketplace Terbaik di Indonesia

Kemajuan teknologi yang pesat, semakin bisa kita rasakan efeknya. Salah satunya adalah kehadiran Marketplace (e-commerce) di Indonesia yang semakin beragam. Marketplace adalah sebuah aplikasi atau website online yang memiliki tujuan utama untuk menjual berbagai produk kebutuhan dari toko-toko offline. Secara garis besar, Marketplace merupakan “Mall Online” yang banyak dimanfaatkan sebagian besar masyarakat saat ini, sebagai alternatif berbelanja yang mudah dan praktis.

Jika ditanya mengenai Marketplace, apa yang kemudian muncul di pikiran Anda? Sebagian orang mungkin akan menjawab Lazada, Shoppe, Bukalapak dan lain sebagainya. Website-website tersebut merupakan salah satu Marketplace Indonesia yang memang terbukti paling banyak mendapatkan kunjungan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian Marketplace serta daftar marketplace terbaik di Indonesia.

Pengertian Marketplace

Pengertian Marketplace

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi berbasis online, yang menjadi fasilitas bagi para pemilik toko offline, untuk bisa berjualan online dan mendapatkan pelanggan lebih banyak. Transaksi yang terjadi pada Marketplace adalah cukup mudah.

Marketplace akan mempertemukan pelanggan dan penjual sesuai dengan kebutuhan mereka. Kemudian, setelah pelanggan membayar produk yang dibeli, pihak penjual akan mengirim barang tersebut ke pembeli. Marketplace saat ini dinilai sebagai cara berbelanja online yang mudah, murah dan aman.

Tahukah Anda, sebenarnya Marketplace ini sudah mulai populer pada tahun 1995. Anda tentu pernah mendengar Amazon dan eBay bukan? Di tahun tersebut, banyak orang di luar negeri menggunakannya. Untuk pasar Asia sendiri, Marketplace mulai booming sejak diluncurkannya Alibaba di China pada tahun 1999 oleh Jack Ma.

Di Indonesia sendiri, industri Marketplace ini terus mengalami perkembangan yang pesat. Mari kita lihat, Marketplace mana saja yang paling populer di Indonesia saat ini.

Daftar Marketplace Terbaik di Indonesia dengan Pengunjung Terbanyak

Marketplace tentunya menjadi peluang yang besar untuk Anda yang ingin memulai bisnis online. Website atau aplikasi Marketplace yang paling banyak dikunjungi, tentunya akan mendatangkan pelanggan yang potensial juga untuk bisnis Anda.

Untuk Anda yang mungkin ingin mulai berbisnis online, tetapi masih bingung harus berjualan di Marketplace mana, Dilansir dari Fajarpos.com, berikut ini daftar Marketplace Terbaik di Indonesia dengan Pengunjung terbanyak:

1. Lazada Indonesia

Lazada Indonesia ternyata berada di posisi teratas, sebagai Marketplace yang paling banyak pengunjungnya. Lazada Indonesia menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari mainan, buku, elektronik, perlengkapan bayi, fashion Pria dan Wanita, alat kesehatan, kecantikan dan peralatan rumah tangga.

Perlengkapan olahraga hingga perlengkapan travelling juga ada pastinya. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan jaringan retail online Lazada Asia. Jumlah pengunjung websitenya hingga tahun 2018 lalu, sekitar 117.6 juta orang.

2. Tokopedia

Selanjutnya adalah Tokopedia yang juga merupakan mall online di Indonesia, dengan konsep Marketplace. Tokopedia juga menjual berbagai produk kebutuhan masyarakat Indonesia dan menjadi pihak ketiga untuk transaksi jual beli. Jumlah pengunjung website Tokopedia hingga tahun 2018 lalu, sekitar 117.3 Juta orang.

Baca juga : Keuntungan Menggunakan Layanan TokoCabang Tokopedia

3. Bukalapak

Marketplace Bukalapak juga terbilang populer di Indonesia. Bukapalak memiliki iklan-iklan yang unik untuk menarik perhatian konsumen Indonesia, terutama kelas menengah ke bawah. Bukalapak juga telah menjadi Marketplace untuk para pelaku UKM di Indonesia. Jumlah pengunjung website Bukapalak hingga tahun 2018 lalu adalah 93.6 juta orang.

4. Blibli

Marketplace Blibli juga tentunya tidak Anda lewatkan. Konsep berbelanja ala mall juga diterapkan oleh ecommerce satu ini. Tidak hanya berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan promo menarik, Anda juga bisa membeli tiket konser hingga mengatur perjalanan liburan Anda dengan tour and travel yang bekerjasama dengan Marketplace ini. Jumlah pengunjung website Blibli sekitar 45.9 juta orang.

5. Shoppee

Marketplace selanjutnya adalah Shoppee yang juga pasti sudah Anda ketahui. Marketplace ini cukup sering melakukan promosi lewat iklan di televisi dengan sangat unik. Produk yang ditawarkan dari berbagai kategori dengan sangat beragam, termasuk produk-produk UKM. Jumlah pengunjung website Shoppee hingga tahun 2018 lalu sekitar 34.5 juta orang.

Baca juga : Cara Belanja Online di Shopee Bayar di Tempat

6. JD.ID

Marketplace dengan logo berwarna merah dan putih JD ID juga cukup populer di Indonesia. Salah satunya iklannya mengklaim bahwa produk yang dijual di Marketplace ini adalah barang original. Marketplace JD ternyata memang sudah populer di Tiongkok dan kini juga hadir di Indonesia. Jumlah pengunjung website JD ID hingga tahun 2018 lalu sekitar 13.2 juta orang.

7. Bhinneka

Sebelum ada Lazada, Shopee, Tokopedia dan Bukalapak, pelopor Marketplace di Indonesia sebenarnya adalah Bhinneka. Situs websitenya sendiri sudah dilaunching sekitar tahun 1996-1999. Hingga saat ini, marketplace Bhinneka.com tetap hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Jumlah pengunjung website Bhinneka hingga tahun 2018 lalu sekitar 7.4 Juta orang.

8. Zalora

Zalora juga merupakan Marketplace yang jaringan retailnya ada di beberapa negara lain di Asia. Zalora Indonesia lebih fokus kepada menawarkan produk fashion terbaik untuk Pria dan Wanita. Hingga saat ini, Zalora Indonesia masih eksis dengan berbagai produk fashion branded yang berkualitas. Jumlah pengunjung website Lazada Indonesia hingga tahun 2018 lalu sekitar 5.2 juta orang.

Marketplace adalah salah satu tempat bisnis online yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai berbisnis online dengan keuntungan yang maksimal.

Memulai jualan online dengan memilih situs belanja online yang banyak pengunjungnya, tentunya akan lebih mendatangkan pelanggan potensial ke toko online Anda. Marketplace adalah fasilitas yang cocok untuk memulai usaha online Anda. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *