Pengertian Iklan & Jenis-jenis Iklan

Iklan adalah sebuah pesan untuk menyampaikan maksud dan tujuan suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum khususnya target pasar yang diincarnya. Iklan dibuat oleh produser iklan yang sudah mendalami isi dari produk dan target audience dari iklan tersebut.

Tujuan dari iklan selain audience agar tertarik untuk membeli atau menggunakan produk tersebut, juga untuk memperkenalkan produk guna menciptakan awareness sebuah merek di masyarakat. Dengan memiliki brand yang kuat, akhirnya ke depannya produk tersebut akan mudah diingat oleh masyarakat.

Membuat iklan adalah hal wajib yang perlu dilakukan oleh pelaku bisnis maupun pihak-pihak yang ingin produknya dikenal banyak orang.

Bagaimana membuat iklan yang baik?

Sebenarnya masalah ini akan kita bahas di artikel khusus, tetapi dalam membuat iklan perlu memperhatikan beberapa kaidah utama, seperti :

  • Penggunan kata/frasa/kalimat yang jelas dan singkat
  • Bahasa mudah dipahami audience dan menarik
  • Memiliki kombinasi antara grafis (gambar/video), teks dan audio yang seimbang

Ketiga poin itu nanti tinggal diolah agar bagaimana bisa menciptakan iklan yang menarik dan membuat audience terpukau.

Untuk lebih detail mengenai cara membuat iklan yang baik, akan kami kupas di artikel selanjutnya.

Perkembangan Dunia Iklan

Pengertian Iklan
© Pixabay

Dunia iklan selalu mengikuti perkembangan zaman dan gaya hidup masyarakat. Jika dulu iklan hanya disampaikan melalui media radio saja, seiring munculnya televisi, iklan pun merambah ke dunia tv, yang tidak hanya menampilkan audio saja.

Dan sekarang ini, iklan juga menyesuaikan dengan zaman dan teknologi, yaitu mulai ditampilkan melalui internet dengan media tayangan berupa website, email, mesin pencari, dan lainnya.

Selain itu juga mulai dipasang di media cetak seperti koran dan majalah.

Jenis-jenis Iklan

Jenis-jenis iklan dibagi dalam beberapa kategori, berikut ini penjelasannya.

A. Iklan Berdasarkan Isinya

Salah satu pembeda dari iklan bisa dilihat dari isi iklan tersebut. Dan untuk jenis-jenis iklan itu juga dibagi berdasarkan isinya.

1. Iklan Informasi

Iklan ini hanya memuat informasi yang tujuannya hanya sebagai pemberitahuan. Di iklan ini tidak ada unsur menjual barang/jasa. Contoh dari iklan ini misalnya saja iklan reuni, iklan ucapan selamat, iklan berita duka. Kalau yang pernah baca surat kabar pasti akan pernah melihat iklan jenis ini.

2. Iklan Penawaran

Ini merupakan iklan yang sifatnya menawarkan produk barang atau jasa. Isinya tentu agar audience tertarik untuk membeli/menggunakan/mencoba barang atau jasa yang ditawarkan tersebut.
Contoh dari iklan ini misalnya iklan penawaran jasa pengobatan, iklan jasa pembuatan website, iklan produk ponsel, dll.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat biasanya dibuat oleh instansi pemerintah/swasta atau organisasi yang isi iklannya berupa informasi edukasi kepada masyarakat.
Contoh dari iklan ini adalah iklan KB (Keluarga Berencana), iklan tidak buang sampah sembarangan, dll.

B. Iklan Berdasarkan Medianya

Tadi sudah kami bahas di poin perkembangan dunia iklan, bahwa iklan itu juga mengalami perkembangan termasuk dari media yang digunakan. Dari sekian bagian media, iklan juga dibagi jenisnya berdasarkan media yang dipakai.

1. Iklan Media Cetak

Sesuai dengan namanya, iklan ini menggunakan media cetak sebagai media tayangnya ke masyarakat. Ini termasuk salah satu jenis iklan yang sudah ada sejak dulu, dimana media cetak merupakan media yang mudah digunakan dan proses produksinya juga cepat.

Masalah harga iklan, tergantung dari media cetak yang digunakan.

Media cetak yang digunakan seperti surat kabar, majalah, baliho, pamlet, sticker, dll.

2. Iklan Media Elektronik

Perkembangan teknologi mau tidak mau memang membuat dunia periklanan harus mengikuti. Karena gaya hidup masyarakat pun juga berubah. Adanya media elektronik menjadikan iklan bisa lebih mudah disampaikan dan tentu jangkauannya lebih luas.

Beberapa media elektronik yang digunakan adalah :

  • Radio, biasanya melalui iklan ad-lib (penyebutan iklan disela-sela percakapan penyiar radio), spot (iklan yang khusus dibuat saat jeda), sponsor program (iklan yang dibuat melalui program acara di radio tersebut).
  • Televisi, iklan biasanya ditampilkan dalam format running text, sponsored program, credit title, maupun spot-spot yang ada di program televisi.
  • Media Digital, iklan ini muncul di media-media digital (internet) seperti Facebook Ads, mesin pencari, YouTube, Website/Blog, Email, Aplikasi, dll
  • Media Outdoor, iklan elektronik ini berada di tempat-tempat umum dengan memanfaatkan media elektronik yang ada seperti video tron,dll

C. Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan berdasarkan tujuannya ini meliputi :

1. Iklan Komersil

Sesuai dengan namanya, jenis iklan ini ditujukan untuk komersil/bisnis atau mendapatkan keuntungan. Sehingga iklannya pun pasti akan berupa penawaran produk, jualan produk, supaya ada transaksi jual beli. Tetapi jika bisa berupa peningkatan brand awareness saja.

2. Iklan Non Komersil

Sedangkan iklan non komersil ini tidak mencari keuntungan (non-profit). Meskipun kadang iklannya menawarkan suatu produk, tetapi nantinya digunakan untuk masyarakat (dikembalikan ke masyarakat). Tetapi rata-rata iklan non-komersil ini tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.


Itulah sedikit tentang Pengertian Iklan dan Jenis-jenis Iklan yang perlu Anda ketahui. Kalau pun masih belum paham bisa tulis dikolom komentar. Terima kasih.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *