Peluang Bisnis Saffron di Indonesia, Manfaat dan Cara Budidayanya

Peluang Bisnis Saffron | Bisnis saffron mulai marak di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Rempah-rempah yang dikenal dengan segudang manfaat ini, ternyata memberikan peluang bisnis yang menguntungkan bagi para pelaku bisnisnya. Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu anak muda asal Indonesia, bernama Taqy Malik, yang berhasil menjalankan bisnis saffron ini dengan keuntungan yang maksimal.

Menjalankan bisnis saffron di Indonesia juga bisa dibilang masih sepi pesaing. Bisnis ini juga bisa dibudidayakan agar keuntungan semakin meningkat, mengingat harga jual saffron yang bahkan mencapai ratusan juta per kilogramnya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana peluang bisnis saffron di Indonesia, serta cara membudidayakannya.

Peluang Bisnis Saffron di Indonesia dan Cara Budidayanya

Peluang Bisnis Saffron

Saffron merupakan jenis rempah-rempah yang berasal dari tangkai putik bunga mekar. Dalam setiap 1 bunga hanya ada 3 putik di dalamnya. Sehingga, untuk 1 kilogram saffron membutuhkan setidaknya 500.000 bunga atau bahkan setara dengan luas lapangan sepak bola.

Bunga saffron sebenarnya sudah dikenal khasiatnya sejak dulu, dimana sering digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Bunga Saffron ini memiliki nama ilmiah Crocus sativus L dan memiliki tampilan yang cantik. Dilansir dari agrowindo.com, bunga saffron ini ternyata sangat menguntungkan dalam pembudidayaannya. Itulah sebabnya, peluang bisnis saffron di Indonesia dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Jika Anda sering memantau perkembangan bisnis online, saffron juga cukup sering dijual secara online dan banyak peminatnya. Dilansir dari sinarharapan.co, kabarnya saffron yang banyak dijual secara online ini didatangkan dari Iran dan pemasarannya sudah masuk ke UKM untuk kategori produk herbal.

Hingga saat ini, penjualan saffron tersebut terus meningkat drastis, seiring dengan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya hidup sehat dan saffron yang menawarkan banyak manfaat. Itulah sebabnya, peluang bisnis saffron di Indonesia cukup berpotensi, bahkan kita bisa membudidayakannya di tanah kita sendiri, sehingga tidak perlu lagi mengimpor saffron dari Iran.

Manfaat Saffron

Peluang bisnis saffron di Indonesia sendiri akan maksimal, mengingat dari banyaknya manfaat yang ditawarkan herbal alami ini. Beberapa manfaat saffron diantaranya:

  • Sebagai antioksidan
  • Mengobati gejala depresi
  • Mencegah kanker
  • Mengurangi gejala PMS
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi nafsu makan

Cara Budidaya Saffron

Cara budidaya bunga saffron di Indonesia sebenarnya mudah, bahkan Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Jika Anda memiliki lahan kecil di pekarangan rumah, bunga ini bahkan sudah bisa dibudidayakan. Adapun beberapa peralatan yang diperlukan untuk memulai budidaya rempah langka ini diantaranya:

  • Pengadaan bibit bunga saffron
  • Cangkul
  • Gerobak dorong
  • Sabit dan golok
  • Hand sprayer
  • Pompa air dan selang air
  • Gunting dan lain sebagainya

Umumnya, harga jual bunga saffron dalam hitungan per pot dimulai dari harga Rp. 18.000 hingga 34.000. Harga tersebut juga tergantung harga bunga saffron sendiri di pasaran.

Jika Anda lebih memilih untuk tidak membudidayakan bunga saffron sendiri, maka Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan distributor bisnis saffron impor dari Iran dan Turki. Adapun harga jual saffron impor tersebut dari pihak pertama sekitar 100.000 hingga 200.000.

Pemasaran produk saffron itu sendiri cukup mudah. Jika masih berbentuk bunga saffron, Anda bisa memasarkannya langsung ke pasar atau pengepul. Anda juga bisa menjualnya sebagai tanaman hias agar lebih menguntungkan. Adapun saffron-nya sendiri, Anda bisa jual sesuai dengan kualitas saffron itu sendiri. Pemasaran secara online juga bisa Anda lakukan.

Menjalankan bisnis saffron ternyata dapat dilakukan dalam beberapa cara. Bunga saffron-nya dapat dijadikan sebagai tanaman hias cantik yang tentunya akan banyak diburu para pecinta tanaman hias.

Begitu juga dengan saffron yang dihasilkan dari putik bunganya. Dengan manfaat yang ditawarkan, peluang bisnis saffron di Indonesia bisa terus meningkat dan cocok dijadikan sebagai bisnis untuk pemula. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *