Cara Mengetahui Pelapak yang Baik di Bukalapak

Cara Mengetahui Pelapak yang Baik di Bukalapak | Berbelanja di online marketplace seperti Bukalapak sebenarnya aman-aman saja. Tetapi yang namanya pembeli, apalagi yang belum paham konsep online marketplace akan merasa khawatir saat berbelanja secara online. Sekalipun itu di Bukalapak atau online marketplace lain.

Salah satu cara yang bisa dilakukan pembeli untuk bisa merasa aman berbelanja di Bukalapak adalah, dengan mengetahui pelapak yang baik.

Pelapak yang baik itu adalah pelapak yang benar-benar menjual barang, dengan harga yang wajar, kualitas barang yang sesuai dan tentunya memberikan layanan yang bagus ke pembelinya.

Pelapak Baik di Bukalapak

Sangat mudah mengetahui pelapak yang baik di Bukalapak. Ada beberapa kriteria yang bisa kamu jadikan tolok ukur. Berikut diantaranya :

1. Melihat Ulasan dari Pembeli

Ulasan Pembeli

Pilihlah lapak yang memiliki minimal bintang 4. Dan yang memiliki banyak ulasan dari pembeli. Bacalah ulasan-ulasannya, apakah mayoritas pembeli memberikan ulasan yang positif atau tidak. Dengan melihat ulasan ini, kamu juga bisa memastikan kualitas produknya.

Ulasan dari pembeli ini adalah ulasan yang jujur, apalagi jika ada pembeli yang juga mengirimkan foto produk yang sudah dibelinya. Jadi kamu bisa lihat foto produk aslinya. Kadang di foto produk pelapak fotonya dibuat yang paling bagus, tetapi kalau foto dari pembeli itu asli sesuai keadaan asli.

Dengan melihat ulasan-ulasan pembeli ini kamu sudah bisa mulai menentukan, bagaimana kualitas lapaknya.

2. Lihatlah Feedback Lapak

Feedback Bukalapak

Kalau ulasan tadi adalah ulasan per produk, tetapi kalau Feedback ini adalah penilaian keseluruhan dari lapak tersebut. Carilah yang memiliki Feedback positif.

Semakin tinggi feedback positifnya, itu bagus. Tapi kalau feedback positifnya bagus tapi juga memiliki feedback negatif yang tinggi, sebaiknya lihat-lihat lagi.

Di sini kamu juga bisa melihat waktu pemrosesan transaksinya. Pastinya yang semakin cepat semakin bagus.

3. Lihat Badge Pelapak

Feedback pelapak selain bisa dilihat dari persentasenya, juga bisa dilihat dari Badge Pelapak. Karena Badge pelapak ini merupakan level yang didapatkan pelapak dari feedback positif yang didapatkan.

Apakah pelapak yang memiliki Badge BL User itu tidak baik? Belum tentu, bisa jadi ini karena pelapak tersebut ada pelapak baru. Nah, kamu bisa lihat kapan pelapak tersebut bergabung. Kalau bergabungnya sudah lama, tetapi badge masih BL User, berarti lapak ini perlu dihindari.

Tapi kalau baru saja bergabung tidak perlu khawatir. Karena kita sebagai pembeli juga berhak memberi kesempatan pelapak baru untuk berkembang. Apalagi jika produknya memang berkualitas.

4. Kecepatan Respon Pelapak

Kalau pelapak yang sudah lama berjualan di Bukapalak, bisa dilihat dari kriteria di atas, tetapi pelapak yang baru saja bergabung, salah satu menilainya dengan melihat kecepatan respon pelapak. Coba kalau kamu menemui lapak baru, tapi kamu benar-benar butuh barangnya, chat dulu pelapaknya. Lihat responnya cepat atau tidak.

Kalau dia memang ingin benar-benar berjualan di Bukalapak dan ingin mendapatkan feedback positif, pasti akan cepat dan responsif meskipun lapaknya baru.

Baca juga : Cara Menggunakan Dana di Bukalapak

***

Itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengetahui pelapak yang baik di Bukalapak. Gunakan sense pembeli kamu untuk melihat apakah pelapak ini baik atau tidak. Karena kriteria-kriteria di atas kadang tidak bisa dijadikan patokan utama. Dan jangan takut untuk memberikan kesempatan kepada pelapak baru untuk bisa berkembang.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *