4 Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula

Memulai Bisnis Laundry – Ketika ingin memulai sebuah bisnis sebagai pemula, terkadang kita mengalami hambatan karena ide dan konsep bisnis yang kurang matang. Padahal, Bisnis laundry sepatu bisa dicoba karena memiliki prospek yang bagus di masa depan, serta tidak terlalu memerlukan planning yang rumit.

Bisnis yang bergerak di bidang jasa ini kini mulai bermunculan, seiring dengan banyaknya masyarakat yang ingin membersihkan sepatu kesayangan mereka, namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya.

Setelah bisnis laundry pakaian kian menjamur, kini muncul ide dan konsep baru dari bisnis jasa cuci ini yaitu bisnis laundry sepatu. Berbicara mengenai peluang bisnis laundry sepatu di Indonesia, sebagai pemula ini bisa memberikan keuntungan yang bagus.

Bisnis ini masih terbilang jarang di Indonesia. Selama kita dapat memasarkan bisnis laundry sepatu dengan strategi yang tepat, maka bisnis ini akan memberikan keuntungan yang maksimal.

Memulai Bisnis Laundry Sepatu Bagi Pemula, Simak Tips Ini

Memulai Bisnis Laundry

Di zaman milenial seperti sekarang ini, masyarakat usia muda lebih memiliki pengetahuan mengenai berbagai merek sepatu yang dibanderol dengan harga yang mahal. Beberapa merek sepatu ini seperti Adidas, Vans, Nike dan lain sebagainya.

Harga rata-rata sepatu ini bahkan mencapai jutaan rupiah. Untuk itu, sepatu seperti ini tentunya memerlukan perawatan yang khusus agar tidak mudah rusak. Peluang bisnis laundry sepatu tentunya memiliki potensi yang bagus, mengingat konsumen produk-produk sepatu branded ini cukup banyak di Indonesia. Lalu bagaimana tips memulai bisnis laundry sepatu bagi pemula? Berikut ulasannya:

1. Miliki Bekal Pengetahuan Merawat Sepatu

Jika sebelum memulai usaha laundry sepatu ini, Anda adalah seorang kolektor sepatu, maka ini akan menjadi nilai positif bagi usaha tersebut. Dengan bekal wawasan tentang bagaimana cara merawat sepatu, Anda akan mengetahui dan memahami secara lebih baik tentang perawatan sepatu-sepatu branded milik konsumen Anda nanti.

Jika Anda ingin merekrut karyawan untuk bisnis laundry sepatu Anda, maka pastikan karyawan tersebut juga sudah memahami dengan baik mulai dari jenis dan karakter sepatu, hingga bagaimana perlakuan yang tepat untuk sepatu yang ditangani.

2. Memilih Bahan dan Alat yang Sesuai

Bisnis laundry sepatu yang lebih mengutamakan sepatu merek-merek mahal, tentunya tidak bisa dicuci secara sembarangan. Dalam hal ini, Anda perlu memilih bahan dan alat yang sesuai dengan produk-produk sepatu tersebut. Jika Anda sembarangan ketika mencucinya, maka resiko berupa kerusakan hingga kecacatan sepatu bisa terjadi.

Perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua jenis sepatu dapat dibersihkan dengan mesin otomatis. Beberapa diantaranya ada yang harus dirawat secara manual agar kondisinya tetap baik. Jenis sepatu seperti itu bahkan memakan waktu laundry hingga 1 minggu lebih.

3. Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

Hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis laundry sepatu adalah bagaimana menggunakan strategi yang tepat untuk memasarkan jasa laundry sepatu ini. Umumnya, target konsumen untuk bisnis laundry sepatu ini adalah orang-orang yang cenderung up to date dan sering menggunakan social media. Selain itu, promosi dengan menyebar brosur ke kampus, perkantoran dengan rata-rata masyarakat berusia muda juga bisa dilakukan.

Baca juga : 7 Langkah Teknik Pemasaran Produk “Marketing Soft Selling”

4. Memberikan Pelayanan dengan Nilai Lebih

Setiap bisnis yang sukses dapat diukur dari pelayanannya. Jika Anda hendak memulai bisnis laundry sepatu ini, maka pastikan usaha jasa Anda ini memiliki nilai lebih. Untuk mewujudkannya, Anda dapat melakukan analisis terlebih dulu.

Nilai lebih ini bisa berupa penawaran harga yang lebih murah dibandingkan pesaing, namun tetap mengutamakan kualitas. Anda juga bisa memberikan kompensasi seperti memerikan layanan antar-jemput sepatu dan memberikan potongan harga bagi pelanggan yang loyal dan pelanggan baru.

Menjalankan bisnis laundry sepatu juga ternyata memiliki tantangan tersendiri, seperti hal nya jenis usaha lainnya. Tantangan paling utama dalam bisnis laundry sepatu adalah competitor yang ada. Agar konsumen bisa lebih loyal dengan bisnis kita, maka kita harus selalu mengutamakan kualitas pelayanan dan berinovasi.

Selain itu, tantang lain yang juga sering ditemukan dalam bisnis laundry sepatu adalah ekspektasi bahwa sepatu-sepatu yang telah dicuci akan kembali seperti baru. Padahal, setiap jenis sepatu memiliki karakter masing-masing dan bisa mengalami perubahan warna seiring dengan seringnya penggunaan.

Sebagai pemula, menjalankan bisnis laundry sepatu dengan konsep yang tidak terlalu rumit, dapat memberikan keuntungan yang maksimal, asalkan Anda mengikuti beberapa tips memulai bisnis laundry sepatu bagi pemula. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *