Menyulap Kerajinan dari Barang Bekas Jadi Barang Mewah

Diterbitkan

Membuat kerajinan dari barang bekas tidak hanya mengasah kreativitas kita, tapi juga bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Belakang ini, barang-barang bekas ternyata banyak yang disulap menjadi benda-benda yang bernilai tinggi dan laku di pasaran.

Kegunaan kerajinan dari barang bekas ini ternyata cukup banyak. Ada yang dijadikan furnitur rumah, aksesoris dan dekorasi rumah, serta tempat penyimpanan (storage) yang multifungsi.

Seperti apa peluang bisnis kerajinan dari barang bekas dan bagaimana memulai usaha semacam ini, berikut ulasan selengkapnya:

Kerajinan dari Barang Bekas Mudah Dibuat

Bisnis di bidang kerajinan dari bahan bekas rupanya sudah mulai menjamur di masyarakat kita. Bisnis ini menjadi tren, bahkan di kalangan anak milenium dan gen Z. 

Kerajinan dari barang bekas

Dengan kreativitas yang semakin berkembang, ide bisnis yang muncul menjadi semakin beragam.

Kabar baiknya, bagi kamu yang berminat untuk menjalankan bisnis kreatif seperti ini ternyata tidak selalu membutuhkan modal yang besar. 

Kamu bisa menciptakan bisnis ini dengan cukup sederhana, bahkan dengan modal kecil sekalipun.

Di zaman internet seperti sekarang ini, sangat mudah dalam mencari inspirasi untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang bisa lebih bernilai dan menguntungkan. Cara pembuatannya juga cenderung mudah, bahkan bisa kamu buat sendiri di rumah.

Peluang Usaha Kerajinan dari Barang Bekas

Barang-barang bekas sebaiknya tidak berakhir di tempat sampah. Jika dimanfaatkan dan dikreasikan dengan baik, maka barang-barang tersebut bisa menjelma menjadi barang yang cantik dan berguna.

Memanfaatkan barang bekas juga menjadi cara kita untuk lebih ramah lingkungan, dengan mengurangi limbah yang dapat mencemari lingkungan. 

Untuk itu, kerajinan dari barang bekas ini bisa kita olah dengan lebih baik, agar menghasilkan benda yang lebih bernilai tinggi dan dijadikan sebagai bisnis.

Ternyata, harga jual untuk benda-benda kerajinan dari barang bekas ini cukup tinggi. Misalnya saja beberapa potongan kayu bekas yang biasanya ditemukan di dekat rumah, diolah menjadi sebuah meja, kursi atau rak lemari, harga jualnya bisa lebih tinggi. 

Begitu juga dengan botol-botol plastik bekas, bahkan bisa menjadi barang yang berfungsi untuk keperluan rumah tangga.

Kunci sukses dari menjalankan bisnis ini adalah memiliki kreativitas yang tinggi dan keinginan untuk menjalankan bisnis kerajinan dari barang bekas. Memulai usaha ini dengan modal kecil sekalipun, bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Pemasaran serta promosi untuk barang-barang kerajinan dari barang bekas juga cenderung mudah dilakukan, baik secara offline maupun online. 

Dengan menyiapkan website dan social media yang aktif, kamu sudah bisa menjual produk-produk kerajinan dari barang bekas yang  bernilai tinggi.

Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas

Bagaimana kamu sudah lebih berminat untuk memulai bisnis kerajinan dari barang bekas ini? Berikut ini beberapa ide kreatif untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang bisa menjadi produk bisnis kreatif kamu:

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Sedotan bahan plastik menjadi sampah yang sering ditemukan dalam jumlah banyak. Tidak heran, restoran-restoran makanan cepat saji sempat mengampanyekan minum tanpa “straw” atau sedotan plastik, karena merusak lingkungan.

Bagi orang-orang yang kreatif, tentu saja ini bisa jadi peluang bisnis kreatif yang baru. Sedotan ini bisa diubah menjadi bentuk lainnya seperti hiasan dinding, tempat pensil, bingkai foto, sandal dan lain sebagainya.

Kerajinan dari Kardus Bekas

Kerajinan dari Kardus

Punya banyak kardus yang tidak terpakai di rumah? Ini bisa menjadi ide bisnis kerajinan dari barang bekas kamu yang pertama. 

Benda yang bisa dibentuk apa saja ini, memang bisa dikreasikan menjadi bentuk lain yang lebih bermanfaat.

Misalnya, kamu bisa memanfaatkan kardus bekas susu bubuk, atau kardus bekas mie instant, untuk membuat rak buku yang ada lacinya. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa melihat tutorial cara membuat kerajinan dari kardus lewat Youtube.

Kerajinan Tangan dari Koran dan Majalah Bekas

Kerajinan dari koran Bekas

Koran-koran dan majalah bekas juga menjadi sampah yang jumlahnya masih cukup banyak. Kenapa tidak dimanfaatkan saja menjadi sesuatu yang lebih bernilai tinggi. 

Sampah koran dan majalah bekas ini bahkan bisa dibuat menjadi guci, tas, vas bunga, tempat tisu dan keranjang serba guna.

Memulai bisnis kerajinan dari barang bekas seperti koran dan majalah ini juga modalnya kecil. Harga jual dari produk yang sudah diolah menjadi benda cantik juga bisa ditentukan dari tingkat kesulitan pembuatannya.

Kerajinan 3 Dimensi Membuat Lampu Gantung

Kerajinan Kotak Susu Bekas

Ide bisnis kerajinan dari barang bekas berikutnya ini cukup unik dan anti mainstream. Membuat lampu gantung 3 dimensi ternyata bisa lho dari barang-barang bekas, yaitu bekas kotak susu tetra pak.

Kerajinan dari limbah seperti ini ternyata bisa menghasilkan lampu gantung dengan kesan mahal dan elegan.

Cara membuatnya juga mudah, hanya dengan memotong, melipat kotak susu menjadi bentuk yang diinginkan, kemudian meletakkannya di beberapa bagian. Harga jual produk unik seperti ini bisa mencapai ratusan ribu.

Kerajinan dari Toples Kaca Bekas

Kerajinan Toples Kaca Bekas

Kerajinan dari barang bekas yang ini juga tidak kalah uniknya. Toples kaca yang sering dibuang karena dianggap sudah tidak digunakan lagi, ternyata bisa disulap menjadi lampu tidur dalam toples.

Kamu hanya memerlukan tiga toples, lalu isi toples kaca bekas tersebut dengan lampu hias LED. Masukan lampu tersebut ke dalam toples dan lihatlah keindahan dan ketenteraman yang akan diciptakan.

Pot Bunga yang Mewah

Kerajinan Pot Bunga

Para wanita yang suka menanam tanaman hias dan tanaman hidup di rumahnya, bisa menjadi target pasar untuk bisnis kerajinan bekas yang satu ini. 

Kamu bisa membuat kerajinan dari barang bekas berupa botol plastik, yang diubah menjadi pot bunga mewah. Tambahkan sentuhan warna yang memberikan kesan mewah pada pot tersebut, sehingga botol plastik ini bernilai lebih tinggi.

Kerajinan dari Ban Bekas

Kerajinan Ban Bekas

Selain pot bunga, kerajinan dari barang bekas plastik ini bisa juga dibuat menjadi dompet plastik karakter yang unik. 

Target pasarnya adalah anak-anak. Cara membuatnya juga mudah, botol plastik yang terpisah kemudian dirapatkan dengan menggunakan resleting. Hiasan Taman dan Meja Ruang Tamu

Selanjutnya kerajinan dari barang bekas seperti Ban mobil juga bisa menjadi barang yang lebih unik dan bernilai  jual tinggi.

Ban mobil bekas ini ternyata bisa dibuat menjadi hiasan taman, dengan tokoh-tokoh kartun yang unik seperti ikan Finding nemo, Ayam dan Gajah.

Selain itu, ban bekas ini juga bisa dikreasikan menjadi sebuah meja ruang tamu minimalis yang kekinian. 

Dengan sedikit sentuhan kreativitas, menambahkan 4 kaki dan tali tambang di sekeliling ban bekas tersebut, meja minimalis dengan harga yang cukup tinggi sudah bisa dijual.

Bisnis kerajinan dari barang bekas bisa menjadi alternatif usaha yang menguntungkan di tahun baru ini. 

Dengan mengasah kreativitas dan melakukan promosi dengan baik, maka bisnis kerajinan dari barang bekas bisa laku keras dan menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.