Kementerian Koperasi dan UKM Buka Program Wirausaha Pemula

Salah satu masalah yang dihadapi pelaku wirausaha pemula adalah masalah modal pendanaan usaha. Melihat masalah ini, akhirnya Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM membuka Program Wirausaha Pemula.

Program Wirausaha Pemula ini adalah program pendanaan atau bantuan modal bagi pelaku wirausaha pemula yang ada di Indonesia.

Dari sisi payung hukum, program ini didasari oleh Keputusan Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM No.12 tahun 2019 (Juknis WP 2019).

“Kementerian Koperasi dan UKM melaksanakan program bantuan Wirausaha Pemula tahun 2019 yang bertujuan menumbuhkan Wirausaha Pemula guna mendukung penciptaan lapangan pekerjaan dan penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan pendapatan dan peningkatan penghidupan berkelanjutan.”

Tentu ini menjadi hal positif khususnya bagi para pelaku Wirausaha Pemula untuk bisa mendapatkan bantuan modal secara cuma-cuma dari Pemerintah. Hanya untuk bisa mendapatkan modal usaha ini tidak bisa serta merta memintanya begitu saja.

Ada syarat dan ketentuan yang wajib diikuti. Maklum, namanya juga bantuan dari Pemerintah, pasti akan ada urusan birokrasi di dalamnya.

Sementara itu, Program Wirausaha Pemula 2019 ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan wirausaha pemula agar bisa menciptakan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan. Selain itu juga untuk memberikan bantuan dana kepada wirausaha pemula agar bisa memperkuat modal awal usahanya. Yang mana dampak yang diharapkan adalah kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan sasaran dari bantuan ini tidak semua bisa mendapatkan. Karena hanya mereka yang berada di daerah tertinggal, terluar dan terdepan dari NKRI, kemudian yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus, dan yang terakhir Antar Kelompok (berpendapatan rendah).

Program Wirausaha Pemula

Mungkin untuk lebih detailnya bisa dilihat di situs Kementerian Koperasi dan UKM www.kemenkopukm.go.id atau melalui media sosialnya.

Bagaimana sobat Fahastra, kira-kira tertarik tidak untuk mengikuti program ini? Buat yang sesuai dengan kriteria bisa ikut, khususnya buat Wirausaha Pemula.

Baca Artikel Lainnya :


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *