Karakteristik Bisnis Startup Indonesia dan Perkembangannya

Bisnis startup sepertinya bukan lagi hal yang baru dalam dunia bisnis di Indonesia. Pasalnya, beberapa jenis bisnis yang terbilang sukses di Indonesia, diawali dari bisnis startup. Lalu apa itu bisnis startup? Perlu Anda ketahui, bahwa kata Startup itu sendiri merupakan serapan dari Bahasa inggris, yang memiliki pengertian sebuah bisnis yang baru saja dirintis.

Dilansir dari Techinasia.com, Startup ini merupakan perusahaan rintisan yang berjalan belum lama. Bisa dibilang kurang dari 6 bulan hingga 1 tahun. Karena masih dalam tahap perintisan, maka perusahaan start up berada dalam fase pengembangan dan penelitian, untuk mendapatkan market yang tepat bagi produk mereka.

Setelah startup Indonesia semakin berkembang, dapat disimpulkan bahwa startup Indonesia adalah bisnis yang baru berkembang di Indonesia, serta identik dengan teknologi, internet hingga web. Bisnis startup mulai muncul di akhir tahun 90-an hingga saat ini.

Karakteristik Perusahaan Startup Indonesia

Bisnis Startup Indonesia

Bagaimana cara kita mengenali bisnis startup Indonesia? kita bisa mengetahuinya melalui karakteristik dari perusahaan startup itu sendiri. Pada umumnya, karakteristik dari perusahaan startup seperti berikut:

  • Perusahaan baru berjalan selama kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai masih sedikit atau kurang dari 20 orang
  • Masih dalam tahap perkembangan
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Dapat dioperasikan melalui website
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital

Hal unik yang berkaitan dengan bisnis startup Indonesia adalah bisnis ini lebih banyak dijalankan oleh kaum milenial. Dengan kreatifitas yang tinggi, serta kemampuan memprediksi pasar yang baik, startup Indonesia bisa dijalankan oleh para professional muda.

Perkembangan Bisnis Startup Indonesia

Jika Anda mulai tertarik pada startup Indonesia, sebaiknya Anda memiliki skill,  untuk menjalankan bisnis startup di Indonesia. Tujuannya agar perusahaan yang baru dirintis tersebut, bisa lebih cepat dikenal dan mencapai kesuksesannya.

Masih dilansir dari Techinasia.com, mengatakan bahwa Startup di Indonesia dapat digolongkan menjadi 3 macam, yaitu: Startup Pecinta Games, Startup Aplikasi Edukasi dan Startup Ecommerce.

Hingga saat ini, kabarnya perusahaan startup ini semakin berkembang di Indonesia. Salah satu potensinya adalah jumlah pengguna internet yang tinggi dan semakin naik dari tahun ke tahun. Bisnis startup Indonesia adalah bisnis yang mungkin  cocok untuk Anda jalankan di masa depan.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *