Jualan di Bukalapak Tidak Laku! Apa Penyebabnya?

Ternyata banyak pelapak Bukalapak yang mengeluhkan kalau jualan di Bukalapak tidak selaku di marketplace lain seperti Shopee dan Tokopedia. Padahal produk yang dijual sama, harganya sama, waktu upload produk juga sama. Tetapi di Bukalapak ini tidak laku banyak. Apa penyebabnya?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seperti itu. Yang pertama memang dikarenakan oleh platform layanan Bukalapak itu sendiri. Kalau dibandingkan, fitur promosi atau iklan yang ada di Bukalapak tidak sebanyak di Shopee atau Tokopedia.

Di Bukalapak fitur promosi yang bisa digunakan adalah Push, Promoted Push, Ulasan Instan, Promo Pelapak, Barang Unggulan, dan Promoted Keyword.

Dari sekian fitur promosi di atas, yang sering digunakan adalah fitur Push, Promoted Push, dan Promoted Keyword.

Nah yang disayangkan adalah fitur-fitur promosi tersebut memiliki biaya yang lebih mahal dibanding marketplace lain. Sehingga pelapak pun merasa terbebani jika ingin mempromosikan menggunakan layanan ini.

Selain itu untuk fitur Promoted Keyword juga tidak efektif. Tidak banyak keyword yang bisa ditampung. Fitur riset kata kunci juga tidak ada.

Nah kesalahan kedua adalah banyak pelapak yang tidak efektif menggunakan fitur promosi ini. Misalnya saja untuk penggunaan fitur Promoted Push pelapak tidak mengatur nilai CPC yang pas.

Penyebab lain dikarenakan Bukalapak tidak memberikan banyak promo kepada pembeli. Misalnya saja promo gratis ongkir. Sekarang ini pembeli sudah pintar, mereka membandingkan harga produk di masing-masing marketplace, kemudian mana yang bisa mendapatkan harga mudah dan gratis ongkir atau minimal potongan ongkos kirim.

Di Bukalapak sendiri tidak ada, sehingga itu yang membuat pembeli beralih ke marketplace lain.

Itu beberapa penyebabnya.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Ya salah satunya adalah dengan memberikan harga yang lebih kompetitif dan memaksimal fitur promosi yang ada. Jika punya media sosial, lebih aktif untuk share produk yang dari Bukalapak.

Tetapi memang yang lebih utama adalah pihak Bukalapak sendiri harus berani memberikan layanan fasilitas iklan kepada pelapak yang lebih variatif lagi. Selain itu juga promo-promo untuk pembeli agar banyak pembeli yang tertarik bertransaksi di Bukalapak.

Baca juga : Pengertian Marketplace dan Daftar Marketplace Terbaik di Indonesia

Dan untuk pelapak jangan lupa untuk melakukan optimasi produknya, misalnya saja mengatur judul produk yang lebih menjual, mengunggah foto produk yang lebih menarik pembeli, dan atur harga diskon melalui fitur diskon yang ada.

Give a Comment