9 Cara Menggunakan Facebook Marketing agar Jualan Online Laris Manis

Cara Menggunakan Facebook Marketing | Facebook adalah salah satu social media yang populer di Indonesia. Hal ini tentunya menjadi potensi yang baik untuk berbagai bisnis, terlebih sejak adanya fitur Facebook marketing.

Sejak era bisnis online mulai meningkat, facebook marketing telah dijadikan alat promosi yang jitu untuk berbisnis dan bahkan telah berhasil dibuktikan oleh beberapa bisnis besar di tanah air.

Dengan facebook marketing, para pemilik bisnis tidak perlu lagi bingung untuk memasarkan produknya kepada target market mereka.

Bagi pebisnis yang baru saja memulai bisnis online-nya, mungkin belum terlalu memahami tentang facebook marketing dan cara menggunakan facebook marketing, agar jualan online laris manis.

Cara Menggunakan Facebook Marketing

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum Anda mulai berpromosi di facebook. Artikel ini akan membahas cara menggunakan facebook marketing dengan benar, agar penjualan bisnis online Anda meningkat.

Cara Menggunakan Facebook Marketing

Hal yang paling utama untuk bisa menggunakan Facebook marketing adalah penggunaan Facebook fanspage. Mungkin saat ini masih ada penjual online yang menggunakan akun facebook personalnya untuk berpromosi dan berjualan online di facebook.

Sebaiknya hindari hal tersebut, karena Facebook memiliki fitur khusus untuk promosi bisnis, yaitu facebook fanspage. Berikut ini cara menggunakan facebook marketing dengan benar, agar jualan online laris manis:

Gunakan Facebook Fanspage, bukan Facebook personal

Seperti telah diulas sebelumnya, Anda harus mulai dengan facebook fanspage, sebagai langkah awal untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara online. Buatlah akun khusus bisnis Anda dan buat facebook fanspage.

Kelebihan facebook fanspage dibandingkan facebook personal untuk berbisnis, diantaranya karena Fanspage ini bisa menampung friends dan like yang tidak terbatas, sehingga promosi produk Anda bisa lebih efektif.

Gunakan Fitur Penjadwalan Status Otomatis

Anda bisa mengatur penjadwalan status promosi Anda di facebook fanspage. Caranya, gunakan fitur penjadwalan yang disediakan. Dengan fitur ini, Anda hanya perlu menset waktu update status, sehingga secara otomatis, status di fanspage Anda akan terupdate di waktu yang ditentukan.

Misalnya, Anda ingin update setiap 3 kali seminggu, maka jadwalkan saat itu juga. Dengan begitu, meskipun Anda sibuk, tidak ada alasan untuk telat melakukan posting dan update berita seputar produk yang Anda jual.

Susun Rencana untuk Konten Facebook

Facebook marketing untuk produk atau jasa Anda tentunya akan lebih efektif, jika Anda membuat perencanaan konten. Konten dalam hal ini bisa berupa gambar, artikel hingga video. Dengan konten yang terencana, maka akan lebih mudah dalam menentukan arah strategi konten pemasaran melalui facebook.  

Pastikan konten-konten Anda ini bermanfaat, seperti tips-tips, kutipan, link artikel yang terkait dengan produk Anda. Setiap ada promo produk baru, Anda juga bisa menggunakannya.

Manfaatkan facebook Ads (iklan facebook)

Selain penjadwalan otomatis, Anda juga bisa memanfaatkan fitur facebook ads. Fitur ini bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah likes dari facebook fanspage kita. Selain itu, harga untuk membuat iklan di facebook ads ini juga terjangkau, dibandingkan beriklan di situs lainnya.

Facebook ads juga memiliki keunggulan, salah satunya adalah dapat mengiklankan produk atau jasa kita yang sesuai target market dan segmen tertentu.

Lakukan Percakapan dengan Pelanggan

Meskipun berjualan secara online, bukan berarti Anda tidak bisa bercakap-cakap dengan pelanggan Anda. Facebook marketing justru mengutamakan pelanggan untuk merasa puas dengan kegiatan belanja onlinenya melalui facebook.

Aktiflah membangun percakapan dengan fans atau konsumen kita, agar terjalin relasi yang baik. Pastikan Anda selalu siap merespon maksimal 1x 12 jam dan jangan biarkan pelanggan terlalu lama menunggu jawaban Anda.

Baca juga : 4 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Baik

Lakukan Pengukuran (Evaluasi)

Masih tentang facebook marketing melalui facebook fanspage, fitur lain yang bisa digunakan di dalamnya adalah fitur pengukuran (measurement). Anda bisa menemukan fitur ini di bagian view insight fanspage kita.

Pengukuran ini adalah evaluasi mengenai pemasaran online yang telah kita lakukan di facebook. Kita bisa mengetahui, baik tidaknya trend penjualan online Anda, sesuai dengan hasil pengukuran tersebut.

Fokus untuk Memperbanyak like di Facebook fanspage

Untuk meningkatkan iklan di facebook fanspage kita, tetaplah fokus untuk memperbanyak like. Semakin banyak like yang didapatkan, maka semakin besar peluang calon konsumen yang akan membeli produk kita. Lakukan monitoring dengan rutin dan pastikan target kita tercapai.

Mulai Berjualan dengan Facebook

Saatnya Anda berjualan melalui facebook dan menjalankan facebook marketing dengan maksimal. Buatlah banner fanspage yang jelas dan detail, gambar poster promo yang kreatif, menarik dan bagus dilihat. Jangan lupa juga cantumkan info kontak bisnis Anda, agar bisa dihubungi calon pembeli.

Berjualan Secara Konsisten  dengan Facebook Marketing.

Perlu Anda ingat, bahwa berjualan online dengan facebook marketing adalah mengenai konsistensi. Dengan rajinnya Anda melakukan update status, minimal 4 – 6 status per hari, maka semakin besar kesempatan untuk mendapatkan calon pembeli bagi produk atau jasa Anda.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis dengan Efektif

Menjalankan facebook marketing untuk berjualan online, tentunya memerlukan konsistensi yang tinggi. Untuk itu, bisnis Anda harus fokus dalam mengurusi hal ini. Bila perlu, Anda bisa merekrut tenaga kerja khusus di bidang facebook marketing ini dan yang memahami facebook fanspage tentunya. Selamat berjualan online di facebook!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *