Cara Mempromosikan Produkmu dengan Iklan Shopee

Kalau kamu berjualan di marketplace Shopee, dan produk yang kamu jual termasuk yang banyak saingannya maka salah satu untuk membuat jualan mu laris adalah dengan cara mempromosikan melalui iklan Shopee.

Karena kalau hanya sekadar posting produk saja dan menunggu ada yang pesan, itu bisa lama. Berbeda jika persaingan produk yang kamu jual itu kecil, tanpa iklan pun mungkin akan cepat mendapatkan pesanan.

Di Shopee itu sudah ada fitur iklan (Iklanku)yang bisa membantu Seller untuk mempromosikan produknya. Caranya pun sangat mudah, yang penting kamu harus punya budget promosi dulu. Ya namanya juga iklan, pasti butuh dana dong. Tetapi tetang, biayanya kecil kok. Nanti kita kasih tips supaya bisa hemat iklan.

Baik tanpa panjang lebar, berikut ini cara mempromosikan produk melalui Iklan Shopee.

1. Top up Saldo Iklan

Tentu yang pertama kali dilakukan adalah melakukan top up Kredit Iklanku. Cara top upnya mudah.

Yang pertama, kamu harus masuk dulu ke dashboard Seller Centre. Kalau sudah masuk, langsung saja ke menu Promosi Saya > Iklanku.

Iklanku Shopee

Nah di sini nanti ada menu Top Up, langsung saja klik menu itu.

Silakan pilih mau top up kredit iklan berapa. Paling kecil itu Rp 25.000 dan paling besar Rp 50 juta. Kalau kamu baru pertama kali mencoba fitur Iklanku Shopee ini, sebaiknya top up Rp 25 ribu atau Rp 50 ribu dulu saja untuk mencobanya.

Silakan checkout dan bayar. Nantinya kredit Iklanku akan masuk dan tertera di informasi Kredit Iklanku.

2. Iklan Kata Kunci

Kalau top up kredit iklan sudah masuk, sekarang langsung mulai untuk beriklan. Di halaman Iklanku ini ada dua pilihan iklan, yakni Iklan Kata Kunci dan Iklan Produk Serupa.

  • Iklan Kata Kunci. adalah iklan berdasarkan kata kunci, dimana produk kamu akan muncul di halaman pencarian Shopee ketika ada yang mengetik kata kunci yang relevan dengan produk kamu. Misalnya saja kamu jualan Sepatu Kulit, terus ketika ada konsumen yang mencari dengan kata kunci “sepatu kulit” nanti produk mu bisa muncul.
  • Iklan Produk Serupa. adalah iklan yang akan memunculkan produk kamu ketika ada konsumen sedang membuka halaman produk yang serupa dengan produk yang kamu jual.

Nah kali ini yang akan kami berikan contoh adalah Iklan Kata Kunci.

Silakan pilih Iklan Kata Kunci, kemudian tombol [+ Iklan Kata Kunci Baru].

Pilih produk yang ingin kamu iklankan.

3. Atur Modal dan Kata Pencarian

Setelah itu kamu diminta mengatur budget iklan dan periode iklannya.

Budget Iklan Kata Kunci Shopee

Untuk Modal kamu bisa pilih tanpa batas atau bisa juga menentukan modal iklan produk tersebut per harinya berapa atau total budget iklan untuk produk itu berapa.

Sedangkan untuk Periode silakan di atur mau sampai kapan iklan ini tayang. Apakah tayang tanpa batas waktu atau sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Menambahkan Kata Kunci

Nah di sinilah ketelitian kamu harus digunakan. Kamu akan diminta menambahkan kata-kata kunci yang relevan dengan produk kamu. Awas jangan sembarang menambahkan kata kunci, bisa-bisa nanti kredit iklan mu habis karena kata kunci tidak relevan dan tidak memberikan dampak yang bagus.

Beruntung di fitur iklan Shopee ini ada pencarian kata kunci yang memberikan informasi volume pencarian per bulan dan harga rekomendasi per kliknya.

Langsung contoh saja, misalnya saja produk yang kamu iklankan adalah Sepatu Kulit Pria. Maka kata kunci yang bisa ditambahkan nanti meliputi : sepatu pria, sepatu formal pria, sepatu kulit pria, sepatu kulit asli, sepatu kulit sapi, sepatu pantofel, sepatu kulit pria casual, dll

Tapi…. jangan semua kata kunci tersebut dimasukkan. Kata-kata kunci tersebut perlu diriset dulu. Caranya dengan memasukkannya ke kolom pencarian satu per satu dan lihat statistik volume pencarian dan harga rekomendasi.

Iklan Shopee

Coba lihat contoh di atas, kata kunci “sepatu kulit pria” memiliki volume pencarian per bulan 25.804 pencarian, ini cukup banyak. Dan harga rekomendasinya adalah Rp 495. Dengan jumlah pencarian sebanyak itu, harga rekomendasi masih tergolong kecil, jadi ini layak untuk kamu tambahkan. Caranya dengan klik tombol Tambah > yang ada di samping kanan tersebut.

Owh ya, Harga Rekomendasi itu adalah harga per klik yang direkomendasi oleh Shopee untuk mendapatkan hasil urutan yang terbaik di pencarian. Jadi Harga Rekomendasi ini harga per klik ketika ada pembeli yang melihat iklan kamu kemudian klik iklan produk kamu.

Dan kamu tidak harus mengikuti harga rekomendasi ini. Karena bisa boncos nanti.

Tips supaya tidak boncos, kamu bisa set biaya per klik nya di harga paling kecil yaitu Rp 180,-.

Iklan Kata Kunci Shopee

Kami menyarankan kamu cukup memasukkan 5 kata kunci saja untuk per produknya. Dimana per kata kunci memiliki jumlah pencarian yang cukup besar. Kalau terlalu banyak kata kunci nanti bisa boros kredit iklan mu.

Kalau sudah dirasa cukup, silakan klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian.

Silakan review kembali materi iklannya, mulai dari Modal, Periode dan Kata kunci khususnya untuk harga per kliknya. Kalau sudah mantap, silakan klik Aktifkan Iklan.

Dan selamat, Iklan Kata Kunci Anda di Shopee sudah berjalan.

Baca juga : Apa itu Shopee Mall Indonesia?

Seperti cara mempromosikan produkmu di Iklan Shopee, mudah kan. Ketika nanti iklan sudah aktif, jangan lupa untuk memantaunya. Apakah kata-kata kunci yang kamu tambahkan itu memberikan respon yang bagus terhadap produkmu atau tidak.

Review selama 5-7 hari, kalau ada kata kunci yang tidak optimal, kamu bisa update dan ganti dengan yang lain.

Selamat mencoba! Kalau ada pertanyaan, silakan langsung tulis di komentar.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *