4 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Baik

Dalam bisnis yang sudah berkembang dengan baik, terkadang cara membangun loyalitas pelanggan bisa terlupakan. Pemilik bisnis cenderung lebih fokus kepada penjualan produk, hingga menciptakan produk-produk baru dalam bisnisnya. Padahal, bisnis yang bisa bertahan lama tergantung dari bagaimana pemilik bisnis memperhatikan pelanggannya. Seperti pepatah yang mengatakan “Pelanggan adalah Raja”.

Ada fakta menarik yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan, yaitu beberapa bisnis yang ternyata menjadi terpuruk dan mengalami kebangkrutan. Para pelanggan bisnis tersebut mungkin mulai menyadari, bahwa ada perusahaan lain yang lebih akan memperhatikannya. Jika terjadi seperti ini, lalu bagaimana cara membangun loyalitas pelanggan, supaya pelanggan tetap melakukan transaksi bisnisnya dengan perusahaan kita?

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, baik yang menjual produk maupun jasa, mulailah untuk memperhatikan pelanggan. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang tidak peduli dengan pelanggan, ubah cara tersebut dengan cara membangun loyalitas pelanggan yang baik seperti berikut:

1. Berkomunikasi dengan Pelanggan

Tahukah Anda, bahwa komunikasi dan pelanggan merupakan dua hal yang saling berkaitan. Para pemilik usaha dapat mengetahui secara langsung mengenai pelanggannya dengan berkomunikasi. Di era digital seperti ini , berkomunikasi dengan pelanggan bukanlah hal yang sulit. Perusahaan Anda bisa merekrut tim marketing yang akan terhubung dengan pelanggan- pelanggan secara personal. Pelanggan yang merasa terlibat, kemungkinan besar akan ikut menjaga bisnis perusahaan Anda.

Baca juga : 7 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis dengan Efektif

2. Memperbaiki Customer Service

Hal yang harus digaris bawahi, sebagai cara membangun loyalitas pelanggan adalah bagaimana perusahaan dapat mengatasi keluhan dari pelanggannya. Dalam hal ini, perusahaan perlu untuk memperbaiki customer service. CS yang baik adalah yang paling mudah dihubungi oleh pelanggan dan menjadi tempat yang paling tepat untuk membuat pelanggan terhubung dengan perusahaan.

3. Memulai dari Hal Kecil

Cara membangun loyalitas pelanggan yang terakhir adalah dengan memulai hal kecil. Dalam hal ini, perusahaan atau tim marketingnya perlu untuk membuat pelanggan selalu ingat dengan perusahaan kita. Misalnya, ketika perusahaan kita memiliki slogan khusus, maka pelanggan sudah pasti mengetahuinya. Itu berarti, pelanggan bisnis Anda memang sudah terhubung dengan merek produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Menawarkan Program Menarik

Anda mungkin pernah melihat di beberapa supermarket besar, para pemilik usaha cukup sering menawarkan program menarik untuk pelanggannya. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai cara membangun loyalitas pelanggan, agar pelanggan setia dengan produk atau jasa kita. Tawarkan banyak program menarik, seperti Buy 1 Get 1, program diskon member dan lain sebagainya.

Membangun loyalitas pelanggan adalah bagaimana perusahaan atau bisnis kita terhubung dengan pelanggan itu sendiri. Meskipun tidak selalu harus bertatap muka, pelanggan adalah hal yang utama dalam perkembangan bisnis kedepannya. Cara membangun loyalitas pelanggan ini semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *