5 Cara Membangun Brand Awareness yang Efektif untuk Bisnis

Sebagai pelaku bisnis, tahukan Anda bagaimana cara membangun brand awareness yang efektif untuk bisnis Anda? Brand awareness adalah istilah dalam strategi pemasaran bisnis, dimana menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap adanya suatu produk.

Dengan kata lain, kemampuan konsumen untuk dapat mengenali dan mengingat suatu merek produk, baik itu dari sisi logo, gambar maupun slogan tertentu yang digunakan suatu produk.

Brand Awareness sangat berperan besar dalam pengambilan keputusan oleh pelanggan, untuk membeli suatu produk. Tidak hanya itu, brand awareness juga sangat penting untuk mengundang konsumen untuk membeli produk Anda pertama kalinya.

Konsumen yang pada akhirnya melakukan pembelian produk secara berulang kali, juga merupakan hasil dari brand awareness yang efektif. Lalu bagaimana cara membangun brand awereness yang efektif untuk bisnis? Berikut ulasannya:

Cara Membangun Brand Awareness untuk Bisnis

Cara Membangun Brand Awareness

Beberapa perusahaan yang sudah besar, telah berinvestasi untuk terus memperbaiki brand awereness mereka. Itu berarti, hal tersebut juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja sebuah brand dari suatu perusahaan. Bagi para pemilik bisnis, berikut ini cara membangun brand awareness yang efektif untuk bisnis Anda:

1. Social Media

Dalam hal ini social media bisnis yang mungkin sudah dimiliki oleh brand Anda harus digunakan untuk menyusun strategi yang tepat.Pastikan bahwa social media bisnis Anda aktif dan lakukan posting secara berkala untuk tetap berinteraksi dengan followers Anda.

Anda juga perlu memperhatikan konten yang di posting di social media bisnis Anda, sebagai cara membangun brand awareness yang efektif. Pastikan Anda membahas topik-topik yang memang relevan dengan produk Anda, agar brand Anda dapat berkomunikasi dengan para konsumen secara langsung. Dengan begitu, rasa percaya konsumen terhadap produk atau brand Anda akan lebih meningkat.

2. Content dan Video Marketing

Selain social media, membangun brand awereness yang efektif juga dapat dilakukan dengan membuat konten dan video marketing. Konten yang dimaksud umumnya berupa artikel yang menarik dan bernilai. Sedangkan video marketing akan memberikan informasi kepada konsumen secara lebih menarik, mengenai produk bisnis Anda.

Konten marketing untuk brand awareness harus bisa memberikan informasi kepada pembacanya. Maka dari itu, hindari membuat konten atau artikel yang tujuannya menjual barang atau jasa Anda. Buatlah konten dalam bentuk artikel yang bernilai positif dan informatif, serta lebih melibatkan konsumen.

Sedangkan untuk video marketing, umumnya dapat menjangkau pelanggan dengan lebih luas. Membuat video marketing yang efektif juga tidak membutuhkan durasi yang lama. Cukup dengan durasi 1-2 menit saja, asalkan dapat memberikan informasi yang penting mengenai bisnis Anda, sudah bisa membangun brand awareness yang efektif.

3. Influencer Marketing

cara membangun brandawereness berikutnya adalah melalui influencer marketing. Istilah influencer marketing merupakan strategi marketing yang digunakan untuk melakukan promosi produk melalui para influencer di social media seperti Youtube, Instagram, Twitter, Blog dan lain sebagainya. Sebaiknya, Anda memilih influencer yang memang sesuai dengan brand yang akan dipasarkan.

Para influencer biasanya merupakan orang-orang yang memiliki banyak followers di social medianya. Marketing sebuah produk yang dilakukan influencer, dapat membuat para followersnya menyukai dan percaya terhadap produk tersebut. Uniknya, strategi ini ternyata memang mampu meningkatkan penjualan beberapa brand produk ternama, bahkan brand produk baru sekalipun.

Dilansir dari Dewaweb.com, berdasarkan hasil survey mengenai brand awereness oleh influencer, dapat meningkatkan brand awereness itu sendiri sebanyak 76% dan mencapai audience baru sebesar 71%. Ini berarti, keterlibatan influencer dalam suatu bisnis, dapat membangun brand awareness yang efektif.

4. Event-Event Marketing

Dunia marketing digital saat ini menjadi begitu populer, seiring dengan meningkatkan bisnis digital di Indonesia. Oleh sebab itu, event-event marketing yang bergengsi juga kini banyak diadakan di kota-kota besar. Para pemilik bisnis yang ingin mengetahui cara membangun brand awareness yang efektif, dapat memanfaatkan event marketing ini.

Anda bisa ikut serta dalam event seperti ini, saat akan melaunching produk baru atau melakukan promosi dari produk-produk dalam bisnis Anda. Dalam event marketing seperti ini, Anda berpeluang besar untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen Anda, sehingga mereka juga bisa secara langsung mengenal brand Anda.

5. Sponsorship dan Merchandise

Anda juga dapat memanfaatkan Sponsorship dan Merchandise dalam event marketing ini, sebagai cara untuk membangun brand awareness yang efektif bagi bisnis Anda. Saat ingin mendapatkan sponsorship, pastikan event yang Anda ikuti, sesuai dengan produk Anda.

Sedangkan untuk merchandise, pastikan kualitas dari merchandise yang Anda berikan ke konsumen baik. Hindari memberikan merchandise yang mudah rusak, karena ini akan memberikan image yang buruk bagi brand Anda.

Meningkatkan suatu brand awereness dari suatu bisnis, membutuhkan strategi yang efektif. Selain itu, pemilik bisnis juga harus bisa meminimalkan biaya untuk hasil yang tetap maksimal. Sebagai bagian dari strategi pemasaran, pengeluaran kebutuhan pemasaranya juga harus dikelola dengan baik.

Baca juga : 4 Cara Membangun Loyalitas Pelanggan yang Baik

Brand awareness menjadi sebuah gerbang bagi penjualan produk dalam bisnis Anda. Konsumen cenderung akan membeli suatu produk, ketika mereka sudah mengetahui merek tersebut. Hal ini tentu saja menjadikan cara membangun brand awareness yang efektif untuk bisnis menjadi sangat penting.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *