Cara Memasarkan Produk Baru agar Cepat Laku

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis dalam bidang apapun, pasti Anda akan membutuhkan strategi pemasaran produk yang benar-benar mampu memperkenalkan produk baru dari usaha Anda ke target market yang sudah ditentukan.

Cara memasarkan produk baru memang menjadi “PR” bagi para pengusaha pemula, karena hal ini dapat berpengaruh besar terhadap kelangsungan usaha Anda nantinya. Terkadang, rasa takut sering muncul di benak para pengusaha pemula, karena khawatir produknya tidak laku di pasaran.

Produk baru, tentunya tidak begitu saja bisa diterima oleh masyarakat. Masyarakat perlu tahu dan memiliki rasa percaya terhadap produk baru yang ada di pasaran. Dengan memahami tentang cara pemasaran produk baru yang tepat, maka masalah ini dapat dipecahkan.

Memasarkan produk baru tidak sesulit yang Anda bayangkan, asalkan Anda sebagai pemilik usaha memiliki keinginan yang kuat untuk memahami cara pemasaran produk baru itu sendiri.

Lantas Bagaimana Cara Memasarkan Produk Baru?

Cara Memasarkan Produk Baru

Tidak ada strategi pemasaran yang siap Anda lemparkan ke pasar, tanpa diawali dengan mengetahui tentang sistem, manfaat produk dan fungsi dari produk yang kita buat. Setiap produk pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berikut ini akan diulas mengenai cara memasarkan produk baru, agar produk dalam bisnis Anda bisa lebih cepat dikenal:

#Pahami Produknya

Bagaimana kita bisa yakin bahwa masyarakat akan menerima produk kita, sementara kita sendiri belum mengetahui apa kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Sebaiknya, sebelum melempar produk ke pasaran, Anda pahami dulu beberapa aspek penting, seperti apa manfaatnya, apa saja kekurangan dan kelebihan produk tersebut. Dengan memahami seputar produk Anda, maka pelanggan yang bertanya produk Anda, pastinya akan lebih yakin untuk membelinya.

#Memahami Pasar (Ideal)

Setelah memahami tentang produk baru yang akan dirilis, Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus mampu menterjemahkan pasar (target market) yang cocok untuk produk Anda. Anda dapat memulainya dengan merumuskan keunggulan dari produk dengan Bahasa yang mudah dicerna oleh target market Anda. Ciptakan sebuah dorongan agar market Anda ini tertarik untuk membeli produk baru tersebut.

#Mengenali Pesaing

Persaingan dalam dunia bisnis menjadi hal yang lumrah, tetapi harus diperhatikan saat kita membuat suatu produk baru. Anda wajib mencari tahu mengenai trik bisnis apa yang harus digunakan, agar dapat bersaing secara sehat dengan kompetitor, terutama yang menjual produk yang hampir sama. Lakukan observasi pesaing terlebih dulu, agar lebih mudah dalam mengenali pesaing bisnis Anda.

#Membangun Citra Produk

Produk baru ternyata harus memiliki citra produk. Sebuah citra yang terbangun dalam produk baru, akan menjadi salah satu factor yang menarik perhatian konsumen agar menginginkan suatu produk. Buatlah konsumen agar selalu penasaran dengan produk baru yang akan diluncurkan. Harga produk yang lebih tinggi dari competitor terkadang tidak menjadi masalah, jika konsumen sudah memahami citra produk Anda.

#Membangun Komunikasi

Cara pemasaran produk baru berikutnya adalah dengan membangun komunikasi. Komunikasi sangat penting untuk keberlangsungan produk dari bisnis Anda. Komunikasi antara Anda dengan konsumen harus maksimal, lakukan dengan menjawab semua pertanyaan dari konsumen terkait produk baru Anda. Jika ada keluhan, pastikan Anda juga sudah siap dengan solusinya.

#Test Cara Pemasaran Produk Baru Anda

Sebaiknya, Anda tidak terburu-buru dalam menjalankan cara pemasaran produk baru yang sudah dibuat. Pastikan terlebih dulu, dengan melakukan test dari strategi tersebut, sebelum dilempar ke pasaran.  Anda dapat mengetest beberapa hal seperti:

  • Apakah iklan yang dibuat, cukup mudah dicerna oleh target market Anda?
  • Apakah citra dari produk baru Anda ini sudah tampak di pasaran?
  • Apakah pendekatan yang dilakukan Anda sudah bisa diterima oleh calon konsumen?

Baca juga : 7 Cara Pemasaran Produk Herbal Secara Online Bagi Pemula

Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey terlebih dulu untuk mengetest strategi pemasaran Anda, seperti yang survey online yang banyak dilakukan saat ini di dunia maya.

Memiliki bisnis yang telah memproduksi produk baru sebaiknya melakukan persiapan terlebih dulu, dengan cara pemasaran produk baru yang tepat. Dengan begitu, potensi produk baru Anda untuk dibeli konsumen semakin besar. Selamat mencoba!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *