Apa itu Startup? Pengertian Startup yang Perlu Kamu Tahu

Apa itu Startup? Di zaman serba internet seperti ini, salah satu jenis perusahaan baru yang banyak didirikan adalah Startup. Dilansir dari majalah Forbes online, Apa itu Startup, perusahaan Startup didirikan untuk menjadi problem solving atau jawaban dari suatu permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Perusahaan Startup banyak hadir untuk menyelesaikan permasalah di berbagai bidang, seperti Teknologi, Keuangan, Transportasi dan lain sebagainya. Startup mayoritas didominasi oleh kaum muda, karena banyak dari pendirinya merupakan seorang freshgraduate yang memiliki ide cemerlang untuk memecahkan permasalah di berbagai bidang tersebut.

Startup hadir berbasis online, tetapi bukan merupakan tempat untuk berjualan online. Jualan online, baik itu jualan produk atau jasa biasanya dapat dilakukan di Marketplace atau Ecommerce seperti Lazada dan Alibaba.com misalnya.

Sementara Startup, umumnya memiliki website resmi sendiri dan lebih fokus pada satu bidang saja. Bisnis Startup selalu hadir dengan inovasi dan ide-ide menarik untuk memecahkan suatu permasalahan dan memberikan efek positifnya secara langsung terhadap target market Startup itu sendiri.

Apa itu Startup

Startup Merupakan Perusahaan Teknologi, Benarkah Itu?

Setelah mengetahui Apa itu Startup, Sebagian orang mungkin menganggap perusahaan-perusahaan Startup sebagai perusahaan teknologi. Alasannya, karena bisnis Startup dijalankan secara online. Namun, perusahaan Startup sebenarnya belum bisa dikatakan sebagai sebuah perusahaan teknologi, karena membutuhkan waktu dan proses untuk menjadi sebuah perusahaan besar.

Kata Startup sendiri diambil dari Bahasa inggris yang artinya “memulai”. Berdasarkan arti kata tersebut, maka Startup merupakan perusahaan rintisan yang baru saja dimulai, namun memiliki prospek yang bagus kedepannya. Suatu perusahaan dapat dikatakan sebagai Startup, jika usia perusahaanya masih berusia 1 hingga 3 tahun.  

Perusahaan startup di awal, selalu fokus pada Growth atau pertumbuhan, agar bisa membawa perubahan yang besar dalam pemecahan suatu masalah. Setelah berkembang, perusahaan startup ini bahkan akan menjadi suatu perusahaan teknologi terbesar, seperti Apple dan Google.

Apple dan Google, awalnya memang merupakan suatu startup. Tetapi setelah 3 tahun, perusahaan mereka mengalami perkembangan yang signifikan.

Perusahaan mereka telah diakuisisi oleh perusahaan besar, memiliki banyak kantor cabang di berbagai negara, karyawan yang bekerja di perusahaan mereka sudah mencapai ratusan orang, perusahaan mereka memiliki sedikitnya 5 dewan direksi dan Pencapaian mereka juga sudah melebihi 20 miliar dollar.

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Investor untuk Startupmu

Jadi, Apa itu Startup? Anda yang seorang fresh graduate yang mungkin ingin segera memulai karir menjadi seorang pengusaha, mendirikan perusahaan Startup bisa menjadi pilihan terbaik.

Selain mendirikan perusahaan sendiri, Startup juga bisa membawa perubahan yang baik untuk masa depan. Apa itu startup, bisa Anda temukan sendiri setelah anda mencobanya.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *