Apa Itu QR Code QRIS dan Keunggulannya

Apa Itu QR Code QRIS | Beberapa waktu lalu, Bank Indonesia telah melakukan soft launching produk fintech terbarunya, yaitu QR Code QRIS. Peluncuran produk terbarunya ini akan berkaitan dengan beberapa platform dompet digital yang sudah populer, seperti Gopay,OVO, Danaku dan lain sebagainya.

QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) merupakan merupakan standar QR Code untuk pembayaran digital di Indonesia untuk pembayaran digital. Karena produk fintech terbaru ini dikeluarkan pihak Bank Indonesia, maka penggunaanya bersifat wajib untuk masyarakat Indonesia.

Dilansir dari katadata.co.id, Qris ini telah disusun pihak Bank Indonesia bersama dengan ASPI ( Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) dengan menggunakan standar internasional EMV Co. Lembaga Internasional tersebut merupakan pusat penyusunan standar internasional QR Code dalam sistem pembayaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu QR Code Qris dan apa saja keunggulannya.

Apa Itu QR Code QRIS dan Keunggulannya

Apa Itu QR Code QRIS

Sebelum kita membahas mengenai Qris, mungkin masih ada yang belum mengetahui apa itu QR code. QR Code adalah bentuk evolusi dari kode batang satu dimensi menjadi dua dimensi. QR code menyerupai kode matriks yang telah dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang yang dipublikasikan tahun 1994.

QR code pada QRIS merupakan QR code dengan standar Internasional, untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, mobile banking dan dompet elektronik. Sebagai produk fintech baru dari bank Indonesia, Qris tentunya memiliki keunggulan khusus yang akan disukai para penggunannya nanti.  Berikut ini keunggulan QR Code Qris selengkapnya:

  • Universal, Qris bersifat inklusif yang artinya dapat digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat, serta bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di dalam maupun luar negeri
  • Gampang, Qris adalah gampang, yaitu bisa membuat transaksi masyarakat menjadi mudah dan aman dalam satu genggaman.
  • Untung, Qris digunakan agar bisa menguntungkan pembeli dan penjual, karena transaksinya bersifat efisien dengan penggunaan QR Code dan bisa digunakan di semua aplikasi pembayaran pada ponsel.
  • Langsung, transaksi dengan menggunakan Qris langsung terjadi, prosesnya lebih cepat sehingga mendukung sistem pembayaran digital yang dituntut harus lebih cepat

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Qris, masyarakat juga perlu mengetahui apa tujuan diluncurkannya produk fintech baru dari Bank Indonesia ini. Qris diluncurkan untuk memudahkan pembayaran digital bagi masyarakat Indonesia, dengan diawasi oleh regulator satu pintu yaitu bank Indonesia sendiri. Qris juga sudah berstandar internasional dan dapat digunakan lintas platform.

Lalu bagaimana Qris dapat digunakan? Sebagai contoh kasus, jika Anda biasa menggunakan GoPay kemudian teman Anda menggunakan OVO, sementara orang tua Anda menggunakan Dana, maka mereka semua bisa bertransaksi di merchant-merchant yang melayani pembayaran non-tunai dengan Qris. Kabar baiknya, dilansir dari katadata.co.id, sekitar 1.6 juta merchant sudah mengadopsi Qris sebagai transaksi pembayaran digitalnya.

Batas Transaksi dan Biaya Transaksi QRIS

Jika Anda hendak menggunakan Qris sebagai alat pembayaran non-tunai, maka perlu diketahui, bahwa batas nominal transaksi Qris maksimal Rp. 2 juta per transaksinya. Adapun biaya transaksi yang mungkin akan dikenakan saat melakukan pembayaran di merchant, penggunaan QR Code Qris membebankan biaya transaksi sebesar 0.7% dan ditanggung oleh merchant yang bekerjasama.

Baca juga : Apa itu Mesin EDC? Apa Fungsi & Manfaat Mesin EDC?

Semakin mudahnya melakukan pembayaran di era digital, tentunya dapat memacu transaksi keuangan menjadi lebih meningkat. Selain itu, penggunaanya jauh lebih cepat dan aman, dibandingkan dengan transaksi tunai. Dengan menggunakan QR Code Qris dari Bank Indonesia, transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja menjadi lebih cepat.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *