Apa itu Mesin EDC? Apa Fungsi & Manfaat Mesin EDC?

Apa itu Mesin EDC? Apa Fungsi & Manfaat Mesin EDC? |Salah satu teknologi dalam dunia transaksi jual beli yang sudah ada sejak lama adalah penggunaan mesin EDC untuk media pembayaran. Orang awam yang tidak terlalu paham dengan mesin EDC mungkin hanya mengetahui kalau itu alat pembayaran saja.

Ya memang benar. Tetapi kali ini kami ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai apa itu mesin EDC agar kamu bisa sedikit lebih tahu tentang mesin yang satu ini.

Apa itu Mesin EDC

Mesin EDC (Electronic Data Capture) adalah mesin yang dikeluarkan oleh bank guna memberikan layanan kepada nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran melalui kartu Debit/Kredit yang dimiliki. Sehingga transaksi pembayaran tidak perlu dilakukan secara tunai.

Mesin yang secara fisik mirip ponsel jaman dulu ini memang dikhususkan untuk transaksi pembayaran saja. Dan biasa ditemukan di merchant-merchant atau toko yang memang memiliki mesin EDC.

Jadi ingat ya, ini hanya digunakan untuk alat pembayaran saja, bukan untuk alat pengambilan uang.

Baca juga : 7 Hal Penting dalam Bisnis Kopi yang Harus Diperhatikan

Apa Fungsi Mesin EDC?

Fungsinya ya itu tadi, untuk digunakan sebagai media transaksi pembayaran. Jika sebuah toko memiliki mesin EDC, konsumen tinggal menyerahkan kartu ATM (Debit) atau Kreditnya ke kasir, kemudian pihak kasir akan menggesek atau memasukkan kartunya ke mesin EDC, memasukkan jumlah total pembayaran kemudian konsumen diminta memasukkan PIN kartunya.

Setelah selesai akan keluar nota transaksi pembayarannya.

Jadi ini sangat efektif sekali tidak perlu bawa uang cash untuk melakukan pembayaran.

Hanya tidak semua toko yang memiliki mesin EDC, hanya toko-toko yang memang menyediakan layanan pembayaran non-tunai dan memiliki mesin ini. Kalau kamu pemilik usaha dan ingin memiliki mesin EDC, silakan request ke pihak bank.

Apa Manfaat Mesin EDC?

Manfaatnya jelas banyak, yang jelas bagi penjual maupun pembeli sama-sama mendapatkan manfaat.

#Manfaat Mesin EDC bagi Penjual

Dengan memiliki mesin EDC, tentu ini memberikan pilihan metode pembayaran selain tunai kepada pembeli. Apakah saat ini sudah eranya cashless, dimana sudah banyak orang yang jarang membayar secara tunai.

Sebaiknya sebuah toko memiliki lebih dari satu mesin EDC misalnya saja mesin EDC BCA, mesin EDC Bank Mandiri, atau lainnya. Mengapa? Karena untuk mengakomodir konsumen yang memiliki kartu ATM dari bank-bank tersebut.

Sebenarnya bisa saja nasabah Bank Mandiri bertransaksi di mesin EDC BCA, hanya saja nanti kena charge sekitar 1%. Bagi beberapa orang (pembeli) ini tidak nyaman.

Penggunaan mesin EDC ini juga memudahkan pihak penjual (kasir) dalam melakukan transaksi. Transaksi pembayaran lebih mudah dan cepat, dibanding secara tunai yang kadang harus menghitung uang dan menyiapkan kembalian. Selain itu jika menggunakan EDC juga tidak akan terjadi salah hitung, soalnya tidak ada lagi kembalian uang dan tidak ada uang yang beredar secara tunai.

Mesin EDC ini juga sangat efisien, karena menggunakan jaringan internet seluler dan baterai, sehingga bisa dibawa kemana-mana. Cocok untuk yang punya usaha di luar misalnya saja food truck.

#Manfaat Mesin EDC bagi Pembeli

Kalau dari sisi pembeli, manfaatnya juga banyak. Pembeli yang saat ini sudah bergaya hidup cashless juga akan sangat terbantu. Tidak perlu ambil uang cash dulu untuk melakukan pembayaran. Cukup bawa kartu, pembayaran bisa dilakukan.

Melakukan pembayaran melalui mesin EDC juga aman, karena transaksinya langsung diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak ada lagi tukar menukar uang dalam pembayaran, sehingga akan minim terjadi risiko uang palsu.

Beberapa mesin EDC juga bisa digunakan untuk top up kartu e-toll. Sehingga memudahkan pembeli jika ingin sekalian top-up.


Itulah informasi sedikit mengenai mesin EDC dan beberapa manfaatnya. Seberapa sering kamu menggunakan mesin EDC untuk bertransaksi?

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *