Apa itu Internet Marketing? Dan Apa Manfaatnya Untuk Bisnis?

Apa itu Internet Marketing? | Pernahkah Anda mendengar istilah Internet marketing? Dalam dunia internet yang terus mengalami perkembangan, hampir semua sector kini bergantung pada teknologi, termasuk bidang marketing sekalipun. Istilah internet marketing sebenarnya bukan hal yang baru, mengingat semua aktifitas di dunia internet bisa berjalan karena adanya internet marketing, khususnya dalam transaksi penjualan barang maupun jasa.

Secara garis besar, internet marketing ini merupakan kegiatan pemasaran melalui internet dan saat ini banyak dipelajari oleh orang-orang yang ingin berjualan dengan menggunakan sistem online. Lalu apakah sama antara marketing dengan internet marketing? Jika dilihat dari kata kegiatannya, keduanya sama-sama merupakan aktifitas marketing (pemasaran), hanya saja internet marketing dilakukan hanya di dunia maya. Untuk menguasai internet marketing, tentunya kita harus banyak mempelajarinya.

Pengertian Internet Marketing

Apa itu Internet Marketing

Internet marketing atau pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh beberapa orang yang bekerja di dunia online, seperti webmaster, praktisi, pemilik website dan penjual online, dengan target tertentu yang dimiliki.

Sekarang ini, internet marketing bahkan menjadi suatu ilmu yang wajib dipelajari oleh beberapa orang yang berfokus di bidang pemasaran digital. Ada banyak kursus offline maupun online yang dibuka, khusus untuk yang ingin mempelajari internet marketing.

Sama hal nya seperti seseorang yang berprofesi sebagai Marketing, seorang internet marketing juga bisa berhasil jika menjalani proses yang cukup panjang. Karena itulah, internet marketing perlu dipelajari, agar pelakunya bisa menjadi seorang internet marketer yang handal.

Manfaat Internet Marketing

Internet marketing kini banyak dipelajari karena memiliki manfaat yang luas dalam dunia internet. Dilansir dari Thenextmarketer.com, Berikut ini manfaat internet marketing:

  • Jangkauan pasar yang luas, hingga menjangkau seluruh dunia
  • Waktu yang tidak terbatas (hingga 24 jam nonstop)
  • Hemat biaya, hingga kurang lebih 80% biaya pemasaran  
  • Menjalin hubungan langsung dengan konsumen melalui beberapa cara seperti Email, Live chat dan lain sebagainya
  • Lebih minim resiko kebakaran, kehilangan barang dan lain sebagainya
  • Lingkungan dan Pelaku Internet Marketing

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai lingkungan dan pelaku dari internet marketing itu sendiri. Lingkungan pemasaran dari internet marketing adalah flatform online yang biasanya banyak digunakan sebagian besar orang saat ini. Beberapa lingkungan internet marketing meliputi:

  • Social Media
  • Mesin pencari
  • Marketplace
  • Email Marketing
  • Video marketing
  • Forum Jual Beli dan lain sebagainya

Adapun pelaku dari internet marketing itu sendiri adalah siapa saja yang memasarkan produk atau jasa melalui internet. Semakin berkembangnya dunia internet, kini bahkan ada juga yang disebut penggiat internet marketing. Mereka adalah internet marketers, yang mendedikasikan dirinya untuk bisnis di internet.

Cara Belajar Internet Marketing

Jika memang internet marketing itu bisa dipelajari dengan cukup mudah saat ini, lalu bagaimana cara belajar internet marketing, agar bisa maksimal ketika menjual produk atau jasa melalui internet? Berikut ini beberapa cara belajar internet marketing:

1. Melakukan Riset Produk

Dalam dunia internet marketing, riset produk merupakan kunci utama. Untuk mengetahui riset produk, cara yang paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan melihat Marketplace besar. Di Indonesia misalnya, Anda bisa mencari melalui situs Lazada atau Bukalapak, dan mencari produk mana saja yang menjadi best seller. Selain itu, riset produk juga bisa dilakukan dengan menggunakan Google Trends

2. Melakukan Riset Persaingan

Setelah mendapatkan produk, langkah selanjutnya adalah melakukan riset persaingan yang ada di pasar, agar kita bisa mengetahui para pesaing yang akan dihadapi nantinya. Dengan begitu, orang yang sedang melakukan internet marketing dapat mengimbangi persaingan bisnis. Pastikan produk yang dijual dan juga harga yang diterapkan lebih rendah dari harga pasaran.

3. Melakukan Marketing

Inti dari apa itu internet marketing adalah melakukan marketing. Artinya, melakukan strategi marketing untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Pada umumnya, kegiatan marketing ini berkaitan dengan social media. Berikut contoh dari kegiatan marketing yang dijalankan:

4. Youtube Marketing

Youtube yang merupakan mesin pencarian berbasis video, saat ini menjadi salah satu media marketing yang menjanjikan untuk bisnis apa saja. Anda hanya cukup membuat channel yang berisi video tentang ulasan produk Anda, lalu upload ke Youtube. Setelah itu, Anda bisa melakukan share ke social media.

5. Facebook Marketing

Facebook merupakan salah satu social media yang populer di Indonesia, secara otomatis penggunanya banyak dan ini merupakan potensi yang bagus untuk Anda yang melakukan internet marketing untuk menjual produk atau jasa. Di Facebook, Anda bisa memanfaatkan fitur Facebook Fans Page, untuk mengisi konten menarik, agar branding dan awareness bisnis menjadi lebih meningkat.

6. SEO Marketing

Teknik SEO marketing ini banyak digunakan para Internet marketers, agar kontennya bisa menduduki halaman teratas di mesin pencarian Google. Tujuannya, agar pengunjung lebih banyak mengunjungi website atau video marketing yang dibuat. Kunci dari SEO adalah riset keyword, on page dan off page optimization.

7. Konten Marketing

Konten marketing umumnya terdiri dari Audio, Video, Artikel dan Presentasi. Anda cukup menjual mengenai nilai manfaat dan kegunaan produk atau jasa Anda, tanpa harus menjualnya secara langsung.

Melakukan strategi marketing merupakan kewajiban para pelaku internet marketing. Dengan mempelajari apa itu internet marketing, selain betambah wawasannya, penjualan online juga akan lebih maksimal.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *