Apa itu Endorse? Ini Manfaat dan Tips Endorse yang Benar

Diterbitkan

Selebriti banyak dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran online yang efektif, lewat endorsement, apa itu endorse? Mengapa pengaruhnya dianggap cukup besar dalam pemasaran online?

Jika kita melihat sosial media sang artis, mereka tidak hanya memposting tentang keseharian mereka. Beberapa postingan mereka ternyata sedang mempromosikan suatu brand atau produk tertentu.

Hampir semua artis, terutama artis yang sedang populer akan menerima apa itu endorse dan menjadikannya sebagai pekerjaan mereka.

Berbagai produk mereka promosikan, mulai dari baju, sepatu, produk pelangsing tubuh, skin care dan make up, bahkan hingga makanan dan minuman.

Lalu apa itu endorse dan seperti apa pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan suatu produk atau jasa? Berikut ulasan selengkapnya:

Apa Itu Endorse?

Pertanyaan apa itu endorse, sebenarnya sangat berkaitan dengan dunia pemasaran online, khususnya di social media. Adapun praktik dari endorse sendiri disebut endorsement.

Apa itu Endorse

Kata endorse sendiri merupakan sebuah kata Bahasa Inggris yang memiliki arti dukungan atau pengesahan atas sesuatu.

Praktik endorse umumnya melakukan promosi iklan dengan menggunakan pihak lain untuk membantu dan mendukung dalam pemasaran suatu produk atau jasa tertentu.

Pihak lain yang dimaksud umumnya adalah selebriti terkenal yang sudah memiliki kepercayaan, pengakuan, serta rasa hormat dari banyak orang di Indonesia hingga mancanegara.

Endorsement di era pemasaran digital ini mengalami perkembangan yang pesat, seiring dengan maraknya jualan online yang kini menjadi profesi sebagian orang, terlebih bagi generasi milenial.

Cara kerja endorsement itu sebenarnya mirip dengan flyer yang disebarkan saat melakukan promosi. Hanya saja, media yang digunakan untuk promosinya adalah social media seperti Facebook, Instagram, Tiktok hingga Youtube.

Promosi melalui apa itu endorse juga dianggap mudah dan tidak seribet promosi yang dilakukan secara langsung.

Tujuan Endorse

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu endorse secara harfiah, kegiatan dukungan ini ternyata memiliki tujuan sendiri. Tujuan utama kegiatan endorse tentunya untuk meningkatkan penjualan produk.

Dengan melakukan endorse, pemilik bisnis atau perusahaan dapat memperkenalkan produk atau jasanya di dunia online, melakukan branding, dan mendapatkan kepercayaan dari para konsumen, sebagaimana mereka percaya kepada sang artis yang melakukan endorse tersebut.

Produk dan jasa yang di endorse para artis juga bukan hanya produk-produk populer, tetapi juga termasuk di dalamnya produk-produk dari pemilik usaha kecil, agar sama-sama bisa meningkatkan penjualannya.

Manfaat Endorse

Setelah mengetahui apa itu endorse dan tujuannya, selanjutnya kita ingin mengetahui apa saja manfaat dari kegiatan endorsement ini, khususnya bagi para pemilik bisnis:

Membuat Brand Lebih Menonjol

Ini merupakan nilai plus dari apa itu endorse, sebab dapat menjadikan sebuah brand lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

Menggunakan selebriti untuk mendukung produk terkait, dapat membuat produk tersebut bisa bersaing dan lebih meningkatkan iklan juga penjualan atas produk terkait

Membangun Kredibilitas

Manfaat apa itu endorse berikutnya adalah membangun kredibilitas. Peluang semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan produk atau jasa suatu perusahaan bisa lebih besar. Jika brand tersebut banyak digunakan, maka itu membuktikan kepercayaan yang timbul dari konsumen.

Membuka Pasar Baru

Dengan menjadikan pihak selebritis sebagai endorsement produk atau jasa, maka bisa menjadi peluang bagi sebuah brand baru untuk memperluas target pemasaran mereka dan mendapatkan banyak pelanggan baru.

Pentingnya Endorse

Sekarang ini, ada banyak bisnis online yang memanfaatkan jasa endorsement agar penjualannya meningkat. Hal ini dikarenakan endorsement memiliki beberapa keunggulan sebagai media promosi. Berikut keunggulannya:

Menghemat Biaya Pemasaran

Bagi perusahaan baru atau bisnis yang baru saja berdiri, menghemat biaya pemasaran  adalah salah satu hal yang harus dilakukan. 

Untuk itu, melalui endorse bisnis kamu akan lebih menghemat biaya pemasaran. Pastikan kamu memilih endorse yang memang sesuai dengan target dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Kegiatan Promosi menjadi Lebih Efektif

Apa itu endorse ternyata bukan hanya tentang pemasaran di social media, tapi juga tentang seberapa efektif pemasaran yang dilakukan.

Para selebriti sering mengunggah kesehariannya yang ternyata relate dengan produk atau jasa yang sedang ditawarkan. 

Pemasaran seperti itu ternyata sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Setiap iklan yang mereka posting, selalu mendapatkan perhatian dari para followersnya.

Meningkatkan Penjualan dan Menambah Followers

Sebagai contoh dari apa itu endorse, seperti di Instagram misalnya. Sang artis yang sedang mengiklankan suatu produk biasanya akan men tag akun bisnis terkait. 

Hal tersebut dilakukan agar followersnya bisa langsung mengetahui produk dan jasa tersebut ada dimana dan bagaimana cara mendapatkannya.

Endorsement dapat menambah jumlah followers akun bisnis yang diendorse, sehingga dapat membantu memaksimalkan penjualan.

Tips Endorse untuk Pemilik Bisnis

Setelah mengetahui apa itu endorse, bagaimana manfaat dan keunggulannya, saatnya kita memperhatikan beberapa tips endorse untuk para pemilik bisnis. Berikut ini tips meng endorse yang benar:

Perhatikan Jumlah Follower

Jumlah follower sang artis di social media nya, memang menjadi kunci untuk bisa mempengaruhi lebih banyak orang yang akan melihat produk atau jasa yang diiklankan.

Semakin banyak follower, maka peluang peningkatan penjualan akan semakin tinggi. Misalnya, sang artis memiliki 2 juta follower, artinya setiap artis tersebut melakukan endorse, potensi iklannya bisa dilihat 2 juta orang.

Perhatikan Engagement Rate

Tips endorsement berikutnya adalah memperhatikan engagement rate dari selebriti yang dipilih. Maksudnya, terdapat persentase jumlah follower yang berinteraksi dengan jumlah follower sebenarnya. 

Jika ratingnya tinggi, maka potensi produk atau jasa suatu bisnis dilihat akan semakin besar.Tanyakan engagement rate sang artis di akun social medianya. 

Sebaiknya, ada banyak follower aktif yang melihat iklan, dibandingkan follower palsu (fake) yang membuat iklan menjadi tidak dilihat.

Pastikan Selebriti adalah Sosok Representatif

Perlu kamu ketahui, bahwa ketika hendak meng endorse seorang selebriti, bukan hanya follower dan rate engagement-nya saja yang harus diperhatikan. 

Tapi pastikan, toko selebriti ini adalah sosok yang related dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Misalnya, kamu ingin mengiklankan produk make up, maka sebaiknya memilih artis yang memang suka menggunakan make up dalam postingan dan kesehariannya. 

Dengan begitu, calon konsumen yang tertarik pada produk make up tersebut juga adalah orang yang menyukai dunia make up juga.

Harga Endorse

Hal ini tidak kalah penting, yaitu harga untuk endorse para artis yang kita pilih. Pastikan ini juga sesuai dengan budget yang ada. Rate selebriti di social media juga berbeda-beda, tergantung dari jumlah follower dan rate mereka.

Kegiatan promosi dalam suatu bisnis merupakan kunci keberhasilan dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Apa itu endorse merupakan salah satu cara promosi dengan endorsement yang dilakukan selebriti melalui sosial media, dan merupakan cara promosi yang efektif untuk penjualan online.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.