Agar Cepat Laku Jualan di Tokopedia untuk Seller Baru

Agar Cepat Laku Jualan di Tokopedia | Sebenarnya sekarang ini untuk berjualan di Tokopedia dan marketplace lain bisa dibilang cukup berat. Karena persaingannya begitu tinggi. Penjual yang menjual barang yang sama pun banyak dan ini tersebar di seluruh Indonesia.

Faktanya adalah, banyak seller-seller baru yang langsung ingin cepat laku saat jualan di Tokopedia. Kalau barang yang dijualnya memang unik dan sangat terbatas kompetitornya, selain itu permintaan pasar cukup banyak, mungkin itu bisa cukup mudah untuk menjualnya.

Tapi untuk barang-barang yang sifatnya sudah banyak yang jual katakanlah pakaian, itu butuh cara tersendiri dan tidak bisa hanya sekadar mengupload produknya di Tokopedia kemudian menunggu ada pembeli yang pesan.

Beruntungnya adalah, di Tokopedia sudah memiliki fitur-fitur yang bisa digunakan untuk para seller mendongkrak penjualannya. Meskipun Anda seller baru, tapi tetap bisa langsung mendapatkan transaksi penjualan.

Bagaimana caranya? Simak tips ini ya…

1. Jadilah Power Merchant

Power Badge

Jika produk yang Anda jual sudah banyak pesaingnya, dan Anda adalah seller baru, maka menjadi Power Merchant adalah solusinya.

Power Merchant ini adalah fitur premium dari Tokopedia yang bisa digunakan oleh para seller. Dengan menjadi Power Merchant maka toko Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan transaksi dibanding jadi toko yang biasa.

Banyak sekali yang akan Anda dapatkan, diantaranya adalah :

  • Power Badge. Nantinya toko Anda akan mendapatkan Power Badge (ikon/logo) yang bisa menarik pembeli dan membuat toko Anda memiliki kredibilitas di mata pembeli.
  • Sampul Toko. Anda juga bisa membuat sampul di halaman toko Anda, tentunya ini sangat memberikan dampak positif kepada pembeli Anda karena mereka akan lebih percaya.
  • Statistik dan Wawasan Pasar. Nantinya Anda juga berhak mendapatkan fitur Statistik di toko Anda agar bisa menganalisa penjualan. Selain itu akan mendapatkan fitur Wawasan Pasar yang mana Anda bisa melihat tren pasar atau produk yang sedang ramai dicari pembeli.

Dan masih banyak lainnya. Tentu dengan menjadi Power Merchant toko Anda akan lebih bisa bersaing dengan toko-toko yang sudah lama ada di Tokopedia.

Pelajari selengkapnya tentang Power Merchant di sini.

2. Beriklan di Top Ads

Top Ads

Tokopedia juga memiliki layanan untuk beriklan yakni melalui Top Ads. Dengan menggunakan fitur Top Ads, maka toko atau produk Anda akan bisa berada di urutan paling atas di halaman pencarian atau halaman-halaman strategis lain di situs Tokopedia.

Sehingga meskipun toko Anda baru, produk-produk Anda langsung bisa nongol di urutan teratas dan ini bisa lebih mudah dilihat pembeli.

Pelajari selengkapnya tentang Top Ads di sini.

3. Perbanyak Upload Produk

Kalau produk Anda punya banyak varian atau bermacam-macam, silakan upload semuanya agar toko Anda memiliki etalase produk yang lengkap. Namun jika produknya tidak banyak hanya beberapa, Anda tetap bisa mengupload produk lebih dari satu. Supaya peluang dilihat pembeli semakin tinggi.

4. Libatkan Media Sosial

Anda tidak bisa hanya bergantung pada Tokopedia saja, tetapi Anda juga perlu aktif agar toko dan produk Anda bisa semakin mudah dilihat calon pembeli. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial.

Anda bisa share halaman produk Anda di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dll. Tetapi ingat, gunakan etika yang benar. Jangan sampai orang lain malah risih dengan aktivitas Anda menyebar link produk tersebut.

Anda juga bisa menggunakan iklan Facebook Ads atau Instagram Ads untuk membantu memperkenalkan toko Anda di Tokopedia.

Mungkin seperti itu tips dari kami untuk Seller baru agar cepat laku jualan di Tokopedia. Jangan lupa selalu ikuti blog ini, karena kami akan berikan tips-tips menarik untuk Anda dalam mengoptimalkan jualan di marketplace.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *