8 Tips Mengelola Usaha Kecil & Startup dari Pengusaha Sukses

Artikel kali ini membahas tentang 8 Tips Mengelola Usaha Kecil dan StartUp dari Pengusaha Sukses. Semoga bisa memberikan referensi yang positif bagi Anda yang menyukai atau tengah menggeluti bisnis startup. Selamat membaca.

Di zaman modern seperti sekarang ini, memiliki sebuah bisnis sepertinya sudah menjadi impian sebagian besar orang. Bisnis kecil seperti bisnis startup ternyata banyak diminati, terutama oleh para generasi milenial.

Alasannya karena bisnis tersebut seperti mudah dijalankan dan ownernya bisa menjadi bos untuk perusahaannya sendiri. Selain itu, rata-rata bisnis startup yang sukses, berhasil menjadikan ownernya sebagai motivator bisnis dan menjadi lebih terkenal.

Secara garis besar, usaha kecil atau bisnis startup memang tampak menjanjikan. Namun, Anda sebaiknya ingat bahwa bisnis startup juga bisa mengalami kegagalan. Seperti yang dipaparkan oleh The Harvard Business Review, bahwa ada sekitar 75% dari bisnis startup ternyata mengalami kegagalan.

Menjadi seorang pengusaha bisnis startup, tidaklah berjalan secara alami. Anda harus memahami banyak hal, termasuk mengenai tips penting untuk usaha kecil dan startup tersebut.

Tips Penting untuk Mengelola Usaha Kecil dan Startup dari Pengusaha Sukses

Mengelola Usaha Kecil

Katakanlah, Anda termasuk orang yang memiliki keinginan kuat untuk menjalankan suatu bisnis startup, namun Anda merasa tidak memiliki keahlian berbisnis yang bagus. Maka untuk memudahkannya, Anda perlu memahami beberapa tips penting untuk usaha kecil dan startup tersebut agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Berikut ulasannya:

1. Berani Mengambil Resiko dan Tidak Takut Gagal

Ingin menjalankan bisnis startup, maka Anda harus memiliki mental tidak takut gagal dan berani mengambil resiko. Pasalnya, tips penting untuk usaha kecil dan startup ini seringkali membuat para pengusaha menjadi gagal dan tidak ingin melanjutkan kembali keinginannya untuk menjadi pengusaha.

Pastikan, rasa takut akan kegagalan tidak menghalangi Anda untuk terus menjalankan usaha startup dengan perhitungan yang matang tentunya.

2. Terus Membangun Jaringan

Bisnis startup dan usaha kecil lainnya akan berjalan dengan maksimal, jika memiliki koneksi yang kuat dengan jaringan Anda. Maksudnya, bisnis tersebut dapat bertahan jika dari awal Anda memiliki pasukan yang kuat dalam mengembangkannya.

Bisnis startup yang mungkin dianggap masih skala kecil, harus bisa memiliki tim manajemen yang baik. Banyak belajar dari para mentor yang sudah lebih dulu sukses, serta berusaha berkomunikasi dengan baik kepada calon pelanggan, agar Anda mengetahui apa yang sedang dibutuhkan mereka.

3. Pelajari dan Ketahui Niche Anda

Bisnis startup ini umumnya bergerak dalam dunia digital dan internet. Banyak bisnis startup yang berhasil, karena mereka sudah mempelajari dan mengetahui niche yang mereka inginkan. Misalnya, niche Anda adalah bidang keuangan, maka membuat bisnis startup berbasis aplikasi perbankan atau aplikasi keuangan, akan menjadikan bisnis startup Anda lebih cepat berhasil.

4. Terus Belajar seperti Murid Sekolah

Menjadi seorang pengusaha tidak membuat Anda menjadi pribadi yang cepat merasa puas. Pengusaha yang baik adalah yang terus belajar, seperti halnya murid sekolah.

Anda harus menjadi seorang mahasiswa yang setiap harinya berani menerima saran, mendengarkan gagasan lain serta belajar hal-hal baru terkait bisnis startup yang sedang dijalani. Banyak mempelajari bisnis dari seorang mentor, juga menjadi salah satu kewajiban “belajar” oleh para pemula dalam menjalankan bisnis kecil dan startup.

5. Jangan Khawatir dengan Kondisi Finansial

Jika Anda barus saja memulai bisnis dan mempelajari tips penting untuk Usaha kecil dan Startup, maka jangan pernah mengkhawatirkan kondisi keuangan. Seorang pengusaha sebenarnya jarang ditanyak menghasilkan uang berapa, tetapi lebih ke menghabiskan uang berapa.

Seorang pengusaha startup yang baik adalah yang tidak memilikirkan hasil, tetapi lebih memikirkan untuk menambah nilai kehidupannya, seperti nilai social, nilai psikologis dan lain sebagainya.

6. Maksimalkan Agar Tidak Bangkrut

Setelah Anda memahami nilai –nilai yang sesuai dengan tips penting untuk usaha kecil dan startup, maka satu hal yang perlu Anda ingat, cobalah untuk tidak bangkrut. Jika dalam perjalanan usaha kecil dan startup ini mengalami krisis, maka usahakan untuk tidak menutup toko atau membatalkan semua pekerjaan paruh waktu. Pastikan usaha Anda masih bisa berjalan secara perlahan tetapi pasti.

7. Lebih Fleksibel dan Mengikuti Pasar

Tips penting untuk usaha kecil dan startup berikutnya adalah tidak menyia-nyiakan pasar. Agar bisnis ini dapat bertahan, Anda harus lebih fleksibel untuk mau mengikuti pasar.

Apa saja yang sebenarnya mereka inginkan dari suatu bisnis startup, maka hal itulah yang harus Anda ikuti alurnya. Anda dapat menemukan keinginan pasar tersebut dari survey atau dengan bertanya langsung ke beberapa konsumen yang cocok dengan produk usaha kecil dan startup Anda.

8. Menjaga Kesehatan

Apa ada kaitannya antara bisnis startup dengan menjaga kesehatan? Tentu saja. Kesehatan ini sama berharganya seperti sebuah bisnis yang sudah populer. Jika ingin terus berada di level atas, maka bisnis Anda ini harus diurus oleh orang yang cukup tidur, cukup makan dan minum, sehingga Anda terhindar dari stress dan bisa terus menjalankan usaha kecil atau bisnis startup tersebut.

Itulah beberapa tips penting dari para pengusaha ahli yang sudah dirangkum sebelumnya. Beberapa point penting tadi sebaiknya benar-benar dijalankan oleh para pelaku usaha kecil dan startup.

Memulai usaha dari nol, tentunya diperlukan semangat yang tinggi dalam mengembangkannya. Dengan tips penting untuk usaha kecil dan startup ini, kini Anda bisa memulai langkah awal menjadi pengusaha sukses.

Give a Comment