8 Cara Membuat Startup yang Sederhana untuk Pemula

Bisnis startup memang selalu menjadi pembahasan yang menarik, khususnya dikalangan anak-anak muda yang ingin mengetahui cara membuat startup bagi pemula.

Memiliki perusahaan startup sendiri tentunya merupakan salah satu impian banyak orang saat ini, tetapi startup membutuhkan modal yang besar. Meskipun begitu, ternyata masih banyak orang yang malah bingung ingin menginvestasikan uangnya kemana, dan ini merupakan kesempatan yang baik untuk Anda yang ingin memulai bisnis startup.

Seperti kita ketahui, bisnis startup merupakan bisnis yang hadir di zaman modern saat ini, sebagai salah satu bentuk pemecahan masalah di sekitar kita. Sebut saja startup fenomenal seperti Gojek dan Grab yang berhasil menjadi perusahaan teknologi bidang transportasi yang menginspirasi banyak orang.

Untuk mewujudkan sebuah startup, tentunya kita harus mengetahui cara membuat startup yang sederhana terlebih dulu, agar kelak bisa berkembang menjadi startup besar seperti kedua Startup tersebut.

Bagaimana Memulai Membuat Startup yang Sederhana untuk Pemula?

Cara Membuat Startup

Pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan ketika mendengar kata startup adalah bagaimana cara membuat startup yang sederhana, agar nantinya bisa menjadi perusahaan besar? Ternyata, startup bisa kita mulai dengan cara yang cukup mudah. Berikut ulasannya:

1. Tentukan Ide Bisnis Startup

Jika Anda sudah memiliki cukup uang untuk memulai bisnis startup, maka segera ciptakan ide atau gagasan untuk startup yang ingin Anda dirikan. Dalam hal ini, kreatifitas dan inovasi harus Anda utamakan. Untuk mendapatkan ide tersebut, Anda dapat bertukar pikiran dengan para pengusaha lainnya terkait bisnis startup yang ingin dikembangkan.

Anda juga bisa menciptakan ide untuk cara membuat startup, melalui observasi Anda sendiri terhadap masalah yang mungkin membutuhkan solusi berbasis teknologi.

2. Buatlah Bisnis Plan Startup

Setelah ide dan gagasan dibuat, biasanya akan muncul produk atau jasa apa yang ingin Anda tampilkan dalam bisnis startup Anda. Setelah itu buatlah bisnis plan untuk startup Anda. Bi

snis plan atau rencana bisnis merupakan hal dasar yang dapat menggambarkan bisnis startup Anda serta perkiraan perkembangannya nanti. Membuat bisnis plan untuk startup hampir sama dengan bisnis plan pada umumnya. Anda juga bisa mengaplikasikan metode bisnis plan yang sedang marak saat ini.

3. Buatlah Desain Produknya

Cara membuat startup yang sederhana untuk pemula berikutnya adalah membuat desain produk atau jasa dari startup Anda. Ingat, bahwa pada bisnis startup, produk atau jasa yang baik adalah yang dapat menyelesaikan permasalahan.

Jika memang Anda menawarkan suatu produk, maka membuat desain produk tidak masalah. Namun, jika jasa atau produk non fisik yang Anda tawarkan, maka buatlah citra dari produk tersebut, sehingga orang bisa mendapatkan gambarannya.

4. Fokus Pada Pengembangan Produk

Setelah membuat desain, produk juga sudah ada dalam bentuk fisik atau non fisik, langkah selanjutnya adalah fokus pada pengembangan produk. Mungkin perusahaan startup rintisan Anda nantinya belum memiliki kantor sendiri, maka hal ini tidak menjadi masalah. Bisnis startup bahkan bisa dimulai di rumah Anda sendiri.

Produk atau jasa dari bisnis startup Anda dapat berkembang, selama bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat banyak. Produk atau jasa startup Anda juga harus mampu bersaing dengan competitor sejenis. Pengembangan produk atau jasa juga harus bisa semakin memudahkan konsumen, seperti fitur Go-Pay misalnya, yang memudahkan konsumen membayar non tunai untuk setiap transaksinya.

5. Menaksir Harga dan Mengenalkan Produk dan Jasa Startup

Sebagai owner dari suatu perusahaan startup, Anda tentunya menginginkan profit dari perusahaan Anda. Pendanaan awal juga harus Anda tentukan, dana ini bisa berawal dari dana pribadi, dana pinjaman online hingga dana dari investor.

Dengan pendanaan ini, Anda sudah bisa menaksir harga produk atau jasa dalam bisnis startup Anda, serta bisa memulai mengenalkan produk dan jasa tersebut ke publik.

6. Perhatikan Target Pasar dan Kualitas Produk

Sama hal nya seperti bisnis lain pada umumnya, cara membuat startup yang sederhana untuk pemula juga perlu memperhatikan target pasar dan kualitas produk. Pastikan bahwa target pasar Anda adalah orang-orang yang senantiasa terus mengalami perkembangan, seperti kaum milenial misalnya. Adapun untuk kualitas produk, pastikan produk tersebut disukai konsumen.

7. Membuat Timeline

Yang dimaksud timeline dalam cara membuat startup yang sederhana untuk pemula ini adalah membuat target waktu yang jelas. Buatlah timeline jangka pendek agar tujuan dan target-target yang ingin dicapai lebih real dan mudah dilaksanakan. Dengan berporos kepada timeline jangka pendek ini, Anda juga memiliki waktu luang untuk bisa menuliskan tujuan-tujuan lain yang merupakan rencana Anda berikutnya.

8. Siapkan Tim Terbaik

Perusahaan yang berkembang dilatarbelakangi oleh tim terbaik. Dalam bisnis startup, pastikan Anda menyiapkan tim terbaik yang dapat mendukung startup Anda untuk terus mengalami perkembangan. Siapkan orang-orang terbaik di posisi manajamen startup Anda, yang memiliki kualitas dan kuantitas serta menghargai budaya perusahaan Anda.

Baca juga : 6 Cara Mendapatkan Investor untuk Startupmu

Ternyata, mendirikan sebuah startup itu tidak terlalu sulit, selain kendala modal yang besar. Jika Anda memang memiliki ide terbaik untuk startup baru yang diinginkan, maka mulailah dengan memahami cara membuat startup yang sederhana untuk pemula.

Dengan mengikuti beberapa cara membuat startup tersebut, maka startup impian Anda dapat terwujud secara lebih terstruktur. Selamat mencoba.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *