7 Cara Pemasaran Produk Herbal Secara Online Bagi Pemula

Semakin pedulinya masyarakat Indonesia akan kesehatan, produk-produk herbal kini menjadi alternatif pengobatan untuk mengatasi masalah kesehatan yang sedang dialami. Peluang ini tentunya dimanfaatkan oleh para penjual produk herbal, untuk meningkatkan bisnis di bidang ini. Salah satu cara pemasaran produk herbal yang bisa dilakukan adalah melalui internet (online).

Cara pemasaran produk herbal secara online ini sangat cocok dilakukan oleh para pemula di era sekarang ini.

Bisnis online memang lebih mudah dan praktis untuk dilakukan oleh Anda yang baru saja ingin memulai untuk berbisnis. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memahami bagaimana cara pemasarannya. Jika ingin berbisnis produk herbal, maka cara pemasaran produk herbal sebenarnya harus dipelajari, agar Anda dapat meningkatkan keuntungan secara maksimal dari bisnis di bidang kesehatan ini. Pada artikel ini, kita akan membahasnya secara lebih lengkap.

Bagaimana Memasarkan Produk Herbal Secara Online?

Cara Pemasaran Produk Herbal

Sama hal nya seperti menjalankan bisnis lainnya, bisnis produk herbal juga memiliki tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis herbal, terutama para pemula. Salah satunya adalah banyaknya jenis produk herbal yang dijual, namun tanpa resep dokter, sehingga cukup sulit untuk memilih produk-produk tersebut untuk dijual.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara pemasaran produk herbal yang tepat, agar bisa memaksimalkan penjualanya secara online, meskipun masih di tahap awal berbisnis. Berikut ulasannya:

1. Memahami Produk

Menjual herbal, berarti sebagai penjualnya kita harus mengetahui beragam obat herbal tradisional yang ada. Anda harus memiliki product knowledge serta healthy knowledge. Misalnya, jika Anda menjual produk herbal dari Madu, maka penting untuk mengetahui apa saja manfaat dan kegunaan, serta berapa varian obat herbal madu yang tersedia. Posisikan diri Anda bukan hanya sebagai penjual herbal online, tetapi sebagai konsumen atau pengguna.

2. Berikan Konsultasi Gratis

Setelah memahami produk, Anda juga perlu untuk memberikan konsultasi gratis dari toko online Anda. Setiap pelanggan yang bertanya atau ingin berkonsultasi seputar produk herbal, dapat Anda tampung dan berikan solusi dengan produk herbal dari toko online Anda yang tepat dan sesuai keluhan yang disampaikan.

3. Memberikan Kepercayaan

Cara pemasaran produk herbal secara online berikutnya adalah memberikan kepercayaan kepada konsumen. Maksudnya, Anda harus mendapatkan kepercayaan dari konsumen, bahwa produk herbal Anda memang berkualitas dan dapat dipercaya.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa pelatihan herbal bersertifikat. Selain itu, testimoni dari pelanggan Anda juga bisa membuat pelanggan lainnya lebih percaya terhadap produk herbal yang Anda jual.

4. Hanya Menjual Produk Berkualitas

Menjual produk herbal sebenarnya hampir sama dengan menjual produk-produk obat berlisensi atau atas resep dokter. Anda harus memastikan bahwa produk herbal Anda sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta mendapat sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Utamakan keamanan dan kesehatan untuk para pelanggan Anda.

5. Harga Bersaing dengan Kompetitor

Cara pemasaran produk herbal berikutnya adalah membuat harga yang bersaing dengan kompetitor. Menjual harga produk herbal harus berdasarkan pantauan segmen pasar khusus produk herbal. Jika hendak memasok produk herbal dalam jumlah banyak untuk toko online Anda, sebaiknya lakukan terlebih dulu pengecekan harga pasar, agar harga produk yang Anda jual nantinya dapat bersaing dengan kompetitor.

6. Maksimalkan Beriklan

Cara pemasaran produk herbal yang tidak kalah penting adalah terus beriklan. Meskipun Anda menjual produk herbal secara online, akan lebih baik lagi jika Anda juga memiliki toko offline agar penjualan Anda semakin maksimal.

Maksimalkan beriklan lewat media sosial, poster, banner, kartu nama bisnis dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengikuti komunitas khusus yang berhubungan dengan kedokteran dan kesehatan, untuk memperkenalkan produk herbal Anda.

Baca juga : 6 Cara Marketing Produk dengan Instagram Bisnis

7. Membangun Jaringan

Berbisnis dan membangun jaringan sangat berkaitan dan memudahkan bisnis produk herbal Anda lebih cepat berkembang. Anda bisa membuka program agen dan reseller untuk menjual produk-produk Anda.

Pastikan, pihak agen dan reseller Anda juga mendapatkan product knowledge yang sama dengan Anda, agar bisa menjaga produk herbal Anda saat harus menjualnya secara langsung kepada konsumen nanti.

Baca juga : 5 Strategi Pemasaran Produk yang Wajib Dicoba Pebisnis Pemula

Menjalankan bisnis herbal ternyata akan lebih mudah, jika kita sebagai penjualnya memiliki pemahaman seputar produk dan cara pemasaran produk herbal secara online. Dengan begitu, Para pemula dapat meningkatkan penjualan produk herbal dengan lebih maksimal.

Give a Comment