7 Cara Meningkatkan Follower Instagram Bisnis dengan Efektif

Ingin jualan di Instagram, tetapi belum tahu cara meningkatkan follower Instagram bisnis dengan maksimal? Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai hal ini. Seperti kita ketahui, flatform Instagram telah menjadi salah satu social media yang paling banyak digemari dan dikunjungi sebagian besar orang di berbagai penjuru dunia.

Sosial media yang memungkinkan kita mengupload gambar dan foto ini, juga dapat digunakan sebagai media promosi online untuk berjualan produk atau jasa yang sedang ingin ditawarkan.

Di Instagram, kita memungkinkan untuk terhubung dengan berbagai orang, termasuk dengan teman, keluarga hingga orang lainnya di seluruh dunia. Hal ini tentu berpeluang untuk bisa mendapatkan pelanggan yang banyak, bagi pengguna Instagram bisnis.

Instagram bisnis merupakan salah satu fitur Instagram yang memungkinkan para pebisnis untuk melakukan promosi sebagai cara meningkatkan followers Instagram bisnisnya dengan maksimal.

Cara Meningkatkan Followers Instagram Bisnis

Meningkatkan Followers Instagram

Tantangan yang muncul dalam Instagram bisnis itu sendiri adalah bagaimana agar Instagram bisnis memiliki banyak followers. Sebagai pebisnis yang menggunakan flatform Instagram, Anda perlu mengetahui cara meningkatkan followers Instagram bisnis dengan maksimal. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Teknik “Follow- Unfollow”

Mungkin Anda pernah mendengar istilah follow- unfollow ini dalam Instagram, tetapi masih cukup jarang dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari akun ber-follower tinggi seperti selebgram atau artis. Anda bisa lihat profil artis tersebut, lalu masuk ke bagian tab followernya dan follow orang-orang yang berada di daftar teratas.

Cara ini memungkinkan akun bisnis di Instagram Anda mendapatkan followback cukup tinggi. Selanjutnya, Anda bisa melakukan unfollow terhadap akun-akun yang ternyata tidak sesuai dengan market bisnis Anda.

2. Manfaatkan Alat Otomasi Untuk Mempermudah Pemasaran

Selain teknik follow-unfollow, ternyata penggunaan alat otomasi juga bisa menjadi cara meningkatkan followers Instagram bisnis dengan cukup efektif. Tanpa banyak usaha, alat otomasi Instagram ini akan menjadi Social drift, meskipun Anda sedang sibuk untuk melakukannya secara manual.

Alat otomasi ini akan menentukan target market bisnis Anda, sehingga orang-orang atau akun yang akan menyukai dan mengomentari postingan Anda adalah mereka yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda jual secara online.

3. Luangkan Waktu Untuk Menulis Caption

Menulis caption merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan di Instagram, agar orang-orang memberikan responnya. Khusus untuk Instagram bisnis, pemilik bisnis harus bisa terlibat dengan pengguna Instagram yang menjadi target marketnya. Salah satunya adalah dengan menulis caption dan bercerita.

Pastikan, setiap kali Anda mempost gambar atau video, harus disertai dengan caption cerita atau deskripsi yang sesuai dengan gambar, serta dapat menjelaskannya kepada followers akun bisnis Anda. Dengan menulis caption yang bagus serta mendalam, maka Anda dan follower akan memicu percakapan, berbagi ide baru serta mengembangkan koneksi dengan followers.

Contoh sederhananya, jika bisnis Anda bergerak di bidang kuliner, maka posting sebuah gambar atau video tentang proses memasak, maka followers Anda akan tertarik dan berkomentar.

4. Ikuti Tren dengan Hastag (#)

Cara meningkatkan followers Instagram Bisnis  berikutnya adalah dengan mengikuti tren hastag. Di Instagram sendiri, ada banyak pengguna yang menggunakan hastag sebagai alat untuk menjangkau pemirsa baru yang akan menemukan konten yang mereka sukai.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis melalui Instagram bisnis, sebagai marketing, Anda juga bisa menggunakan hastag agar pengguna baru, lalu Anda nantinya bisa melihat pesan populer dari pengguna yang berpengaruh yang disukai target market Anda. Seperti hal nya di Twitter, trending hastag bisa menjadi ide baru ketika Anda ingin mempromosikan suatu produk.

5. Pertimbangkan Waktu Posting

Di Instagram, jika ingin mempromosikan produk dalam bentuk foto atau video, Anda harus mempertimbangkan waktu posting. Maksudnya, postinglah konten-konten tersebut disaat banyak orang sedang mengakses Instagram. Anda bisa mencoba untuk posting di beberapa waktu, kemudian bandingkan, waktu mana yang terbaik. Anda juga bisa menggunakan fitur Insight pada Instagram bisnis. Dengan fitur tersebut, Anda dapat melihat statistic waktu rata-rata followers bermain Instagram.

6. Lakukan Endorsement dan Giveaway

Endorsement dapat Anda lakukan sebagai cara meningkatkan followers Instagram bisnis yang efektif. Begitu juga dengan Giveaway. Bekerja sama dengan influencer yang memang cocok dengan produk yang Anda jual. Untuk Giveaway, pastikan Anda melakukan kontes terlebih dulu untuk followers. Misalnya, mereka akan beruntung dan mendapatkan hadiah, jika sudah memfollow akun Instagram bisnis Anda.

7. Promosikan Merek di Platform Lainnya

Cara meningkatkan followers Instagram bisnis yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan platform yang lainnya. Hal tersebut dapat mengarahkan lalu lintas ke profil Instagram Anda. Cobalah untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda melalui Facebook dan Twitter, yang juga populer di Indonesia.

Buatlah caption yang dapat mendorong pengguna untuk mengunjungi profil Instagram Anda. Tambahkan promosi menarik lainnya, seperti Diskon, khusus untuk pengguna yang mengklik link di social media tadi dan masuk ke profil Instagram bisnis Anda.

Baca juga : 6 Cara Marketing Produk dengan Instagram Bisnis

Berbisnis melalui social media merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meraih banyak pelanggan potensial. Instagram bisnis adalah salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk mulai berjualan online dan meraih banyak pelanggan.

Dengan memahami cara meningkatkan followers Instagram bisnis, maka sebagai pebisnis online, Anda dapat dengan mudah memasarkan produk Anda melalui Instagram.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *