6 Keuntungan Bisnis Waralaba bagi Para Pemula

Bisnis Waralaba atau franchise merupakan usaha yang memiliki hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan, dengan menggunakan brand yang sudah populer sebelumnya. Dalam bisnis waralaba, kita akan mengenal istilah franchisor ( pengwaralaba), franchisee (penerima waralaba), franchise fee dan royalty fee.

Bisnis waralaba menjadi salah satu alternative bisnis yang dipilih oleh sebagian orang untuk memulai bisnis pertamanya. Bisnis waralaba dianggap sebagai bisnis yang lebih menjanjikan, dibandingkan dengan bisnis yang benar-benar harus dimulai dari awal. Bisnis ini juga dinilai memiliki banyak keuntungan tersendiri, bagi pemilik usaha dan pemilik brandnya.

Keuntungan Bisnis Waralaba

Keuntungan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba, secara sistemnya memang memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan masing-masing. Namun, dalam artikel ini hanya akan dibahas tentang keuntungan bisnis waralaba saja. Berikut ulasannya:

1. Merek atau Brand Sudah Dikenal Masyarakat

Pemasaran bisnis waralaba, umumnya cenderung mudah. Hal ini disebabkan karena brand produknya sudah dikenal masyarakat luas. Dengan begitu, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnisnya jauh lebih sedikit, dibandingkan kita membangun bisnis yang baru dari nol.

2. Merk dan Manajemen Bisnis Telah Terbangung

Bisnis waralaba tentunya sudah memiliki manajemen bisnis yang matang dan siap untuk melakukan transaksi bisnis. Merk dari usaha waralaba umumnya sudah populer di kalangan masyarakat. Hal ini dapat memudahkan pihak pembeli untuk mengenal produk kita dan berpotensi untuk menjadi pelanggan setianya. Dalam hal ini, kebutuhan pemasaran bisnis akan lebih mudah dengan membawa reputasi yang baik.

3. Mendapatkan Dukungan serta Keamanan yang Lebih Kuat

Pemilik usaha waralaba umumnya akan memberikan suatu pelatihan khusus, seperti manajemen finansial, periklanan dan pemasaran bisnis. Keuntungan bisnis waralaba ini tentunya akan menjadikan bisnis pertama Anda lebih terprediksi.

4. Kerjasama yang Terbangun Sejak Awal

Memilih bisnis waralaba, kita juga akan mendapatkan keuntungan berupa kerjasama yang telah terbangun sebelumnya, antara pemilik waralaba dengan kita sebagai waralabanya. Kerjasama ini termasuk dalam hal pemasok bahan baku, pemasaran, periklanan dan lain sebagainya.

5. Manajemen Keuangan yang Lebih Mudah

Dalam dunia bisnis waralaba, biasanya ada campur tangan investor yang suka memberikan modal pada bisnis yang dinilai sudah kuat dari segi finansial serta jaringan pemasarannya. Dengan memilih bisnis waralaba, sistem manajemen keuangan telah ditentukan oleh pemilik waralaba utamanya. Dengan begitu, Anda sebagai franchise tidak perlu kebingungan untuk mengatur masalah keuangan dalam bisnis baru.

6. Memiliki Keuntungan yang Lebih Besar

Bisnis waralaba telah dikenal dikalangan masyarakat sebagai bisnis yang berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Anda sebagai franchise juga tidak perlu mengeluarkan biaya secara berlebihan, seperti untuk promosi dan lain sebagainya. Meskipun begitu, keuntungan bisnis waralaba akan tetap maksimal, jika situasi dan para pelaku bisnisnya juga bekerja keras untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Baca juga : 7 Hal Penting dalam Bisnis Kopi yang Harus Diperhatikan

Para pemula yang ingin mulai berbisnis, sebaiknya memang memilih bisnis yang memiliki resiko kecil namun berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika Anda memiliki modal yang cukup maksimal, keuntungan bisnis waralaba ini bisa Anda dapatkan.

One Response

  1. Sutrawayi

    14/12/2019

Give a Comment