6 Cara Mendapatkan Investor untuk Startupmu

6 Cara Mendapatkan Investor untuk Startupmu | Perkembangan bisnis startup di Indonesia semakin menunjukan perkembangan yang signifikan. Melihat hal tersebut, banyak pemula yang ingin mencari cara mudah mendapatkan investor untuk startup. Mencari investor saat ini memang tidak mudah, mungkin sebelum mendapatkan investor yang deal dengan bisnis startup Anda, Anda perlu bertemu 40 hingga 50 orang calon investor terlebih dulu.

Seorang investor juga tidak bisa sembarangan dalam memberikan modalnya kepada pelaku usaha. Para pemula dalam bisnis startup sebaiknya memilih investor yang berkualitas dan bekerja di bidang yang sama dengan fokus dari bisnis startup itu sendiri. Maka dari itu, cara mudah mendapatkan investor untuk startupmu harus mempertimbangkan berbagai hal.

Cara Mudah Mendapatkan Investor untuk Startup

Cara Mendapatkan Investor

Bisnis startup memang memiliki potensi yang besar di masa depan, terlebih jika didukung oleh pihak investor yang memiliki visi dan misi yang sama dengan usaha startup Anda. Jika ingin meningkatkan usaha startup Anda, berikut cara mudah mendapatkan investor untuk startupmu:

1. Koneksi dengan Sekolah Bisnis

Sekolah atau universitas yang memiliki jurusan bisnis, biasanya memiliki koneksi yang cukup tinggi dengan para investor. Jika Anda seorang mahasiswa yang berkuliah di jurusan bisnis, Anda bisa menghadiri event bisnis yang diselenggarakan kampus Anda. Siapa tahu di event tersebut Anda bisa bertemu dengan investor yang diinginkan.

2. Hubungi Industri yang Sejenis

Katakanlah startup Anda ini fokus dalam industri keuangan. Jika Anda mengetahui adanya pendiri perusahaan lain yang serupa dengan fokus startup Anda, segera minta rekomendasi dari mereka untuk menemukan investor yang tepat.

3. Investor Online

Di zaman canggih dan serba internet seperti saat ini, bahkan Anda bisa mencari cara mudah mendapatkan investor untuk startup secara online. Beberapa situs populer seperti LinkedIn dan Quora misalnya, disana Anda bisa berpeluang bertemu dengan para investor yang tepat.

4. Angel Investor

Pernah mendengar istilah Angel investor? Angel investor merupakan jaringan bisnis berbasis anggota yang cenderung melayani berdasarkan lokasi. Angel investor biasanya akan berinvestasi untuk startup atau usaha kecil menengah yang memiliki prospek masa depan yang menjanjikan. Pihaknya akan memberikan imbalan sejumlah bunga yang telah disepakati untuk jangka waktu tertentu.

5. Crowd Funding

Cara mudah mendapatkan investor untuk startupmu berikutnya adalah melalui Crowd funding. Pendanaan dari banyak investor ini biasanya menargetkan bisnis untuk beberapa bidang, seperti Sains, Seni, Starup dan lain sebagainya.  Melalui cara ini, kita bahkan bisa mendapatkan pendanaan dari beberapa investor, jika beruntung.

6. Komunitas Wirausaha di Daerah Sekitar

Banyak orang yang ingin menjadi seorang pengusaha, terutama di kota-kota besar. Biasanya, ada banyak komunitas wirausaha atau komunitas pengusaha yang memiliki cukup banyak waktu untuk mengadakan pertemuan bulanan. Anda bisa mencari cara mudah mendapatkan investor untuk startupmu, melalui perkumpulan komunitas ini.

Baca juga : 8 Tips Mengelola Usaha Kecil & Startup dari Pengusaha Sukses

menjalankan bisnis startup memang akan selalu membutuhkan pendanaan yang cukup besar. Investor yang tepat untuk perusahaan startup sebaiknya memiliki visi dan misi yang sejalan dengan perusahaan startup yang Anda dirikan. Dengan mengikuti cara mudah mendapatkan investor untuk startupmu, usaha startup Anda akan lebih cepat berkembang.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *