6 Cara Marketing Produk dengan Instagram Bisnis

6 Cara Marketing Produk dengan Instagram Bisnis | Instagram merupakan salah satu social media yang paling populer dan banyak digunakan oleh hampir sebagian besar orang di seluruh dunia. Potensi “banyak dilihat orang” ini menjadikan Instagram cocok dijadikan sebagai cara marketing bisnis dengan Instagram bisnis.

Instagram dapat menampilkan unggahan foto dengan kualitas yang bagus, sehingga orang dapat langsung melihat, menyukai dan berkomentar pada foto tersebut. Instagram juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya seperti fitur live video, Direct messeges dan Instagram story. Khusus untuk Anda yang ingin berjualan melalui Instagram, fitur Instagram bisnis dapat menjadi cara marketing Instagram yang maksimal.

Hingga kini Instagram sudah memiliki sekitar 700 juta lebih pengguna dan setiap harinya hampir 60 juta foto dibagikan melalui Instagram. Hal ini merupakan alasan mengapa fitur Instagram Bisnis dapat menjadi salah satu cara marketing produk yang maksimal dan cukup mudah dilakukan.

Apa itu Instagram Bisnis?

Cara Marketing Bisnis

Instagram for Business atau Instagram bisnis merupakan sebuah fitur dalam social media Instagram yang diperuntukan bagi para pebisnis yang ingin membuat profile bisnis secara gratis. Dengan fitur ini, Anda para pemilik bisnis dapat memilih sendiri pelanggan seperti apa yang memang cocok dengan produk mereka.

Selain itu, owner bisnis juga dapat mencantumkan nomor kontak seperti email, SMS, whatsapp yang penting dalam transaksi bisnis kedepannya. Dalam Instagram bisnis, fitur tambahan seperti Insights dan Promote dapat membantu Anda berpromosi secara maksimal.

Profil bisnis Anda juga dibantu oleh Insights, yang secara otomatis akan mempromosikan produk Anda melalui IG. Insights akan memberitahukan Anda mengenai informasi tentang followers dan postingan mana yang memiliki jangkauan paling tinggi. Anda bisa menjadikannya sebagai tolak ukur untuk membuat konten yang lebih sesuai untuk audience Anda kedepannya.

Promote dapat membantu Instagram bisnis produk Anda, agar menjadi iklan (Ads) dalam aplikasi Instagram. Promote dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan bisnis yang sesuai target bisnis Anda tentunya.

Cara Marketing Produk dengan Instagram Bisnis

Kini Anda sudah mengetahui secara garis besar, mengenai fitur Instagram bisnis. Selanjutnya, mari kita bahas tentang cara marketing produk dengan Instagram bisnis. Berikut ulasannya:

  • Pastikan Foto Profil Instagram Sudah Bagus

Dalam dunia online, tampilan toko online, baik melalui website maupun sosial media seperti Instagram harus jelas, sebagai first impression dari pelanggan terhadap toko kita. Format foto profil Instagram berbentuk lingkaran, sehingga Anda perlu memastikan bahwa foto yang digunakan memiliki kualitas baik, minimal dengan ukuran 110 pixel.

  • Melakukan Follow Instagram Lain

Ketika memulai berbisnis di Instagram, Anda wajib memfollow akun-akun Instagram milik orang lain yang berpotensi sesuai dengan target market Anda. Lakukan follow terhadap akun-akun bisnis lain yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Cari influencers di industry Anda dan follow juga beberapa akun yang memang relevan dengan bisnis Anda. Berikan likes dan komentar kepada akun lainnya yang terhubung dengan produk yang Anda jual.

  • Selalu Aktif di Instagram

Salah satu cara marketing produk di Instagram bisnis  adalah bagaimana pemilik bisnisnya dapat mengatur dan mengerti keinginan pelanggannya. Pastikan Anda selalu aktif di Instagram, minimal 1 kali per harinya. Anda juga dapat melakukan re-post atau re-gram berupa video dan photo di akun Instagram bisnis Anda.

  • Mengatur Objek Instagram bisnis

Sama hal nya dengan cara marketing produk pada umumnya, pastikan Anda mengatur Instagram bisnis Anda. Pengaturan ini bertujuan agar Anda dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic ke website, meningkatkan brand awareness, meningkatkan kepuasan pelanggan, hingga membangun koneksi dengan influencers.

  • Mengatur Konten Instagram

Dalam mengatur konten Instagram bisnis, setidaknya ada 4 poin yang harus dilakukan, yaitu waktu posting foto produk yang teratur, posting foto produk yang bertema ,dan penggunaan Guidelines terbaik untuk membuat pelanggan Anda memutuskan untuk memilih produk Anda.

  • Memperhatikan Audience atau Calon Pelanggan Anda

Bisnis melalui Instagram juga bisa berhasil jika sebagai pemilik bisnis, Anda selalu memperhatikan Audience yang akan menjadi calon pelanggan Anda. Perhatikan, bagaimana Audience Anda berinteraksi dengan merek sejenis Anda, gunakan caption yang berpeluang besar untuk di share oleh Audience Anda, gunakan fitur Instagram story dan tetap terhubung dengan influencers produk Anda.

Memulai bisnis online melalui Instagram bisnis, ternyata bisa dilakukan secara maksimal, jika kita menerapkan cara marketing produk melalui Instagram bisnis dengan tepat. Kreatifitas dan inovasi tentunya harus selalu ada, agar postingan produk Anda selalu bisa dinantikan oleh calon pelanggan.

Give a Comment