5 Tips Mengelola Bisnis Keluarga Agar Bisnis Cepat Sukses

Menjalankan sebuah bisnis memang tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, yang tidak jarang membuat para pemilik bisnis harus pantang menyerah dalam menghadapinya.

Begitu juga dengan mengelola bisnis keluarga yang didalamnya ada banyak campur tangan dari anggota keluarga kita sendiri. Selain itu, keluarga kita biasanya akan memiliki pola pikir yang berbeda-beda, sehingga terkadang cukup sulit untuk menyamakan tujuan bisnis.

Saat menjalankan bisnis sendiri, mungkin Anda tidak terlalu dibebani dengan warisan dan tradisi, sehingga Anda bisa menerapkan sistem secara bebas dalam mengelola bisnis Anda. Namun, berbeda dengan  bisnis keluarga.

Mengelola Bisnis Keluarga

Bisnis keluarga harus bisa mempertahankan tradisi bisnis generasi terdahulu, dalam kondisi yang sudah modern. Tanggung jawab pengelola bisnis keluarga ternyata cukup berat, namun bukan berarti Anda tidak bisa menjadikan bisnis keluarga menjadi sukses di masa depan.

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis keluarga, berikut ini ada beberapa tips mengelola bisnis keluarga agar bisnis cepat sukses. Berikut ulasannya:

1. Membuat Aturan yang Jelas

Bisnis keluarga memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya adalah memiliki rasa kedekatan diantara pemiliknya. Namun, jika tidak ada aturan yang jelas dalam hal ini, menjalankan bisnis keluarga akan menjadi lebih merepotkan.

Jika ingin menjalankan bisnis keluarga, Anda dan anggota keluarga lainnya harus membuat aturan yang jelas. Jelaskan mengenai peran dan tanggung jawab dari masing-masing anggota keluarga yang terlibat dalam bisnis.

Tentukan juga, siapa yang menjadi pemimpin dari bisnis keluarga ini. Bisnis keluarga juga harus memiliki visi dan misi bisnis yang jelas, agar pihak-pihak yang terlibat juga memiliki tujuan yang sama dalam bisnis keluarga tersebut.

2. Membedakan Antara Kepentingan Pribadi atau Keluarga dengan Bisnis

Namanya juga bisnis keluarga, terkadang kita akan cukup sulit untuk membedakan urusan pribadi dan urusan bisnis itu sendiri. Saat ada masalah pribadi, mungkin Anda dan anggota keluarga menjadi kurang semangat untuk menjalankan bisnis bersama.

Namun, pastikan Anda harus memiliki lapang dada dan membesarkan diri Anda melebihi situasi pribadi yang sedang dialami. Jangan biarkan hal tersebut menganggu bisnis keluarga Anda dan jadilah seorang professional dalam menjalankan bisnis keluarga.

Baca juga : 6 Keuntungan Bisnis Waralaba bagi Para Pemula

3. Menjaga Transparansi Keuangan

Tidak hanya masalah pribadi, masalah mengatur keuangan dalam bisnis keluarga ternyata menjadi hal yang cukup sensitif juga. Meksipun Anda sudah membagi peran dan tanggung jawab masing-masing, namun tetap saja ada yang merasa curiga ketika mengelola keuangan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya kelola keuangan dalam bisnis keluarga dengan transparan. Bila perlu, buatlah sistem keuangan yang baik dan sistematis, agar seluruh anggota keluarga yang terlibat dapat mengetahuinya.

Menerapkan manajemen keuangan yang tepat juga wajib dilakukan dalam mengelola bisnis keluarga. Pisahkan keuangan pribadi dan usaha, lakukan perencanaan penggunaan uang, buat buku catatan keuangan hingga perhitungan keuntungan dan arus kas juga harus dibuat dengan tepat. Awasi juga penggunaan asset, harta dan modal untuk pengembangan usaha keluarga kedepannya.

4. Persiapkan Generasi Penerus

Bisnis keluarga memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dengan bisnis lain pada umumnya. Perbedaan tersebut adalah adanya warisan bisnis yang akan diturunkan kepada generasi penerus selanjutnya.

Meskipun begitu, tidak sedikit dari bisnis keluarga yang akhirnya menjadi Collapse, karena generasi penerus tidak bisa menerapkan warisan tersebut dengan baik. Maka dari itu, mempersiapkan generasi penerus harus dilakukan sejak dini, agar bisnis keluarga dapat bertahan hingga beberapa generasi berikutnya.

5. Menjaga Komunikasi yang Efektif

Hal penting berikutnya yang menjadi tips mengelola bisnis keluarga adalah selalu menjaga komunikasi antar generasi. Generasi baru (penerus) harus mau mendengarkan petuah dari generasi sebelumnya. Terapkan cara berkomunikasi yang baik dan mudah di mengerti oleh semua anggota keluarga yang terlibat.

Beberapa tips mengelola bisnis keluarga di atas merupakan suatu manajemen dalam bisnis keluarga, yang akan mendorong dan menjadikan bisnis tersebut untuk lebih cepat sukses dari generasi ke generasi. Dengan memahami tips mengelola bisnis keluarga, Anda dan keluarga akan lebih mudah saat menjalankan bisnis bersama.

Give a Comment